2 Cara Cek Broken Link WordPress Online dan Dengan Plugin

Mau tahu bagaimana cara cek broken link pada blog terutama WordPress secara online dan dengan plugin? jika ya maka silahkan teruskan membaca karena saya akan berbagi pengalaman melakukan pengecekan broken link atau tautan rusak.

Memang apa pengaruhnya broken link? apakah ada pengaruh terhadap SEO? entahlah karena saya belum membuktikan sendiri namun sebagai pemilik blog saya merasa bertanggung jawab terhadap semua link yang ada pada opikini.com baik itu pada komentar maupun artikel.

Advertisement

Ada pengaruh atau tidak terhadap SEO tetapi jika kita baca di panduan webmaster Google pada bagian Pedoman desain dan konten disitu jelas disebutkan salah satu poin yang harus dilakukan adalah Periksa tautan rusak dan perbaiki HTML. Baca juga : cara mengisi title dan meta description pada plugin Yoast SEO.

Pengecekan tautan rusak sebetulnya tidak melulu untuk mengetahui link sudah tidak aktif atau tidak ditemukan pada artikel maupun komentar tetapi bisa berguna juga untuk mengecek keberadaan attachment atau gambar pada suatu artikel apakah masih ada atau sudah rusak yang mengakibatkan gambar tidak muncul pada postingan.

Bagaimana Cara Cek Broken Link

Selain dengan plugin dan cek secara online sebetulnya kita juga bisa cek menggunakan beberapa aplikasi yang bisa dijalankan dari pc tetapi sepertinya yang lebih efisien adalah dengan menggunakan dua cara berikut:

#1 Cara Cek Broken Link Online Dengan Deadlinkchecker.com

Dari sekian banyak tool yang pernah saya coba, salah satu yang terbaik adalah deadlinkchecker.com, karena selain gratis, situs ini juga bisa merayapi atau mendeteksi semua link yang ada pada blog baik itu pada artikel maupun komentar termasuk file attachment atau gambar, dan berikut langkah-langkahnya.

Kunjungi halaman www.deadlinkchecker.com lalu masukan url blog kamu terus klik Check dan masukan kode captcha yang muncul.

Jika ada link rusak maka akan muncul teks berwarna merah, disitu ada detail berupa status, URL dan Source link.

Nah untuk memperbaikinya kita tinggal klik pada source link lalu akan dibawa ke halaman yang bermasalah, setelah itu kita bisa lakukan pengeditan maupun menghapus. Pada gambar diatas tampak yang paling banyak menyebabkan broken link adalah pada bagian komentar dimana pengunjung mengisi URL semaunya atau kadang salah tulis.

Catatan : Sebaiknya lakukan pengecekan disaat situs tidak terlalu ramai pengunjung selain itu untuk menemukan lebih banyak link rusak kita harus tes berkali-kali.

#2 Cek Dengan Plugin Broken Link Checker

Walaupun memang plugin ini cukup memberatkan server tetapi untuk keperluan mendesak biasanya saya gunakan juga, selain itu yang dicek hanya berupa link dari komentar karena untuk artikel dan page biasanya saya cek secara online.

Untuk menggunakan plugin ini cukup mudah, pertama-tama install terlebih dahulu dari dashboard WordPress kamu lalu aktifkan. Jika tidak ketemu berikut adalah link plugin Broken Link Cheker yang saya gunakan.

Seperti saya sebutkan diatas, agar tidak terlalu memberatkan kinerja server dan membuat loading blog lambat maka yang dicek hanya link pada komentar saja, dan untuk melakukannya kita ubah pengaturan yang bisa diakses dari Dashboard WordPress kamu – PluginsInstalled Plugins dan cari Broken Link Checker kemudian pilih Settings.

Setelah terbuka pilih tab Look For Link In kemudian yang dicentang hanya pada Comments lalu Save Changes.

Setelah itu tunggu beberapa saat sampai plugin ini melakukan pengecekan dan ketika ditemukan maka akan muncul seperti gambar berikut.

Untuk mengatasinya, pilih pada URL yang muncul kemudian pilih Unlink lalu Apply dengan demikian tautan rusak tersebut akan otomatis terhapus.

Ingat, plugin ini sangat tidak disarankan oleh beberapa web hosting karena dianggap memberatkan server jadi gunakanlah seperlunya, seperti yang saya lakukan biasanya hanya mengaktifkan plugin ini untuk mengecek url author pada komentar saja sebulan sekali minimal.

Advertisement

Semoga bermanfaat dan jika sobat memiliki cara cek broken link yang lebih efektif dan cepat silahkan berbagi tipsnya disini.

Latest Comments
  1. Emaknya Benjamin br. Silaen January 19, 2016
    • Opik January 19, 2016