Akhirnya Ganti Kaca Depan Vios, Berapa Harganya?

Opikini.com | Hari ini akhirnya terlaksana juga ganti kaca depan vios 2007 gen 2 setelah hampir sebulan harus parkir digarasi karena tiba-tiba kaca depan mobil pecah sendiri. Selain harus mengumpulkan dana dulu, alasan baru hari ini bisa mengganti kaca depan karena saya mengumpulkan info dulu dimana tempat mengganti kaca mobil murah tapi tidak murahan.

Dari hasil tanya-tanya ke beberapa tempat rata-rata harga kaca depan vios merk asahimas plus pasang adalah 1,8 -,1,9 jutaan kalau di daerah Bogor, sedangkan di Bekasi saya ditawari dengan harga 1.700.000 dan kalau tidak salah di daerah senen Jakarta ada info dari temen harganya tidak sampai 1,2 jutaan.

Advertisement

Alasan tidak membeli di senen karena jarak rumah yang cukup jauh dan tidak berani membawa mobil dalam kondisi kaca pecah seperti itu apalagi setelah saya tahu kalau kaca yang pecah tersebut bukan asli / orginal Toyota lagi dan kualitasnya memang kurang bagus.

Pengalaman Ganti Kaca Depan Vios Gen 2 (2007)

Ganbar diatas adalah ketika proses pencopotan kaca depan mobil, di daerah Cibinong Jawa Barat tepatnya di Jalan Mayor Oking.

Kalau saya perhatikan sebetulnya tidak terlalu sulit untuk melepas kaca depan yaitu dimulai dengan mencopot wiper kanan kiri lalu plastik penahan yang ada dibagian kap mesin.

Setelah itu dilepas kacanya dengan cara memasukan kawat entah apa jenis kawatnya lalu ditarik ke sekeliling kaca agar lem yang menempel terkelupas.

Kalau dihitung-hitung tidak sampai 1 jam kaca sudah berhasil dilepas dan setelah itu dibersihkan sisa-sisa lem yang menempel pada body.

Terakhir pasang karet kaca lalu beri lem pada sekeliling frame / body tempat kaca mobil tersebut menempel lalu pasang deh kaca yang baru.

Baca juga : cara menghubungkan HP Android ke tape mobil.

Singkat cerita hampir 2 jam proses pemasangan kaca depan vios pun beres dan menurut tukang kacanya, mobil bisa langsung digunakan karena kualitas lem yang digunakan cukup baik alias berkualitas bagus.

Berapa Harga Kaca Depan Vios Gen 2?

1 – Asahimas kisaran 1,2 juta – 1,6 juta (belum termasuk pasang) tapi kalau dengan pasang harganya antara 1,4 juta sampai 1,9 jutaan (daerah Bogor dan Cibinong) entah kalau ditempat lain dan harganya memang beda-beda saya juga tidak tahu kenapa.

2 – Kaca Original Toyota 2,7 juta (dipenjual kaca)- 5,4 juta (di dealer) nah cukup jauh bukan perbedaanya dan lagi-lagi saya tidak tahu apa alasanya kenapa bisa beda jauh.

Tips Sebelum Mengganti Kaca Mobil

  1. Tanya dulu ke orang-orang sekitar, teman atau cari info di komunitas seperti kaskus, grup Facebook dan lainnya tujuannya agar tahu harga pasarannya berapa.
  2. Cari penjual yang jujur karena ini bukan hal sepele, saya dengar dari beberapa cerita orang ada yang baru seminggu pasang kaca mobil tau-tau sudah mau copot lagi dan setelah dicek ternyata itu karena lem yang dipakai kurang bagus.

Khusus untuk lem, menurut montir yang memasang kaca depan vios saya katanya kadang ada yang pakai sealant (entah jenis yang mana) tetapi memang hasilnya tidak akan sebagus jika pakai lem yang bagus dan ini terbukti pada vios saya.

Saat lem sudah dibersihan lalu dibandingkan dengan lem yang digunakan montir tersebut hasilnya, lem yang menempel saat kaca pecah ketika ditarik langsung putus walau ukurannya lebih tebal dan ternyata membuat karat juga.

Sedangkan lem yang digunakan montir tersebut ketika sudah kering mengeras kemudian saya tarik-tarik hasilnya tidak putus juga walau sampel yang saya coba ukurannya jauh lebih kecil dibanding sampel lem yang saya ambil dari sisa-sisa kaca yang pecah tersebut.

Kesimpulan, sebelum ganti kaca mobil sebaiknya cari info dulu sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan harga terbaik (murah) tapi pemasanganya tidak asal seperti pada kasus saya, setelah dilihat ternyata bagian karet kaca ada yang disayat jadi tidak rata lagi selain itu lemnya juga kualitasnya kurang bagus jika dibandingkan dengan yang saya pasang kali ini.

Disclaimer : saya tidak tahu terlalu banyak tentang masalah kaca mobil jadi mohon maaf jika tulisan ini membingungkan atau kurang informatif yang pasti carilah bengkel kaca mobil yang bisa dipercaya .

Advertisement