Apa Saja Fitur CCleaner Untuk Android

Opikini.com – CClaner tidak hanya tersedia untuk PC tetapi sudah lama tersedia juga untuk Android, lalu apa saja fitur CCleaner untuk Android?

Jika penasaran silahkan lanjutkan membaca semoga bisa memberikan gambaran bagi anda yang belum tahu apa saja fungsinya.

Advertisement

Pada dasarnya CCleaner untuk Android tidak jauh berbeda dengan versi PC tetapi memang ada beberapa fitur yang tidak ada terutama clear browser history selain bawaan Android karena seperti kita tahu saat ini untuk menghapus riwayat browser pada Android harus dilakukan secara manual.

Fitur dan Cara Menggunakan CCleaner Untuk Android

Berikut adalah daftar fitur dan penjelasan singkat fungsinya :

#1 Cleaner

Ini merupakan fitur utama yang ditawarkan oleh ccleaner untuk Android, fungsinya untuk menghapus cache, log panggilan dan sms, menghapus history browsing browser bawaan Android, dan juga menonaktifkan proses yang sedang berjalan.

#2 App Manager

Berfungsi untuk uninstall atau menghapus aplikasi Android yang terpasang, terdiri dari 3 tab mirip dengan app manager default Android yaitu Installed apps, system apps dan disable apps.

System Apps berfungsi untuk stop atau menghentikan aplikasi bawaan pabrik yang tidak bisa di-uninstall seperti ChatOn pada Samsung, Tripadvisort dan lainnya atau uninstall update/pembaharuan aplikasi yang sudah kita lakukan untuk mengembalikan ke versi sebelumnya.

#3 System Info

Menu yang satu ini akan menampilkan informasi seperti versi OS Android yang terpasang, IMEI/ESN HP, model, status root (untuk mengetahui apakah HP Android sudah di root atau belum).

Selain itu dari System Info kita juga bisa mengetahui status network seperti WiFi lengkah dengan mac Address ponsel, Mobile Data, Bluetooth dalam keadaan aktif atau tidak serta RAM yang digunakan dan tersisa.

# Cara Penggunaan

Nah setelah anda mengetahui beberapa fitur dasar, sekarang mari kita lanjut dengan membahas cara penggunaanya.

Langkah pertama silahkan unduh terlebih dahulu CCleaner Android dari Google Play Store kemudian jalankan.

Setelah terbuka tap Analyze dan tunggu sampai proses selesai, nanti akan muncul item apa saja yang perlu dihapus diantaranya cache, history, file & folder, call logs seperti tampak pada gambar berikut.

Setelah memilih item apa saja yang ingin dibersihkan, tap CLEAN dan tunggu sampai selesai.

Advertisement

Nah itulah sedikit gambaran mengenai beberapa fitur CCleaner untuk Android, dan jika ingin menggunakannya silahkan langsung unduh dari Google Play Store. Jangan lewatkan artikel lainnya : cara install dan menggunakan ccleaner di PC.

Latest Comments
  1. niaharyanto January 20, 2016