Apa Saja Yang Baru di WordPress 4.4?

WordPress ternyata sudah update ke versi 4.4 dan ada beberapa perubahan yang tampak dibanding versi sebelumnya. Yang paling terlihat adalah dibagian posting karena sekarang tidak ada lagi tombol View Post dan Get Shortlink.

Tapi itu belum seberapa karena salah satu fitur menarik yang ada pada WordPress 4.4 adalah embed url atau menyisipkan artikel yang ada diblog kita cukup dengan copy dan paste url tersebut, kemudian artikel tersebut akan muncul lengkap dengan featured image jika ada, title dan deskripsi.

Advertisement

Berikut ini hasilnya ketika saya coba sisipkan artikel yang pernah saya posting sebelumnya yaitu tentang Yahoo Messenger.

Tampilan Fitur Baru WordPress 4.2

Apa Saja Yang Baru di WordPress 4.4?
Jadi dengan fitur tambahan pada embed terbaru ini kita bisa dengan mudah menyisipkan artikel lain dari blog yang kita miliki dipostingan yang kita inginkan, namun entah apakah bisa kita sisipkan dari url blog lain atau tidak karena saat saya coba ternyata yang muncul hanya url saja tidak muncul seperti diatas.

Kesimpulan, pada update wordpress 4.4 selain hadir dengan beberapa perbaikan dibanding versi sebelumnya, kini yang menjadi theme default adalah Twenty Sixteen, ada tambahan fitur embed sehingga kita bisa sisipkan postingan wordpress kita disitus lain maupun blog wordpress lainnya, responsive image sehingga sekarang kita tidak perlu melakukan modifikasi apapun untuk membuat gambar menjadi responsive tetapi untuk fitur ini saya belum bisa tes karena theme yang saya gunakan sudah responsive tetapi jika benar wordpress bisa mengelola tampilan gambar menjadi responsive otomatis maka tentu ini sangat menarik.

Namun sebelum kamu melakukan update sebaiknya lakukan backup terlebih dahulu terutama database untuk menghindari hal yang tidak diinginkan selain itu bagi yang menggunakan plugin WP Super Cache mungkin akan melihat sedikit tampilan yang agak aneh saat kita akan Clear Cache Contents dimana posisinya sudah tidak proporsional lagi atau lebih tepatnya jadi mepet ke kanan, entah dengan plugin lain apakah ada masalah kompabilitas atau tidak saya belum cek satu persatu.

Advertisement

Untuk mengetahui lebih lengkap apa saja yang baru di WordPress 4.4 kamu bisa baca dihalaman resmi Wordpres.org ini.