Cara Mudah Backup dan Restore Blog WordPress

Ada beberapa cara untuk backup dan restore blog wordpress baik secara manual maupun menggunakan plugin tambahan sehingga prosesnya lebih mudah tanpa perlu skil atau pengetahuan lebih tentang web hosting terutama membackup database mysql.

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi pengalaman menggunakan plugin UpdraftPlus Backup and Restoration, sesuai namanya fungsi utama dari plugin ini adalah untuk membackup dan restore blog wordpress secara full atau keseluruhan maupun sebagian misal hanya database, themes maupun gambar yang sudah diupload ke folder wp-content.

Advertisement

Mudah digunakan, gratis serta mendukung backup ke penyimpanan cloud seperti DropBox, Google Drive, OneDrive, Email dan masih banyak lagi.

UpdraftPlus Backup and Restoration akan sangat berguna untuk membackup wordpress harian secara otomatis maupun manual, tentu saja ini juga akan membantu kita saat akan pindah web hosting misalnya jadi agar semua data dari blog lama bisa pindah ke hosting baru caranya kita backup terlebih dahulu.

Kemudian di web hosting baru kita install wordpress serta plugin UpdraftPlus Backup and Restoration kemudian tinggal direstore dari file backup yang bisa kita simpan ke pc maupun penyimpanan cloud. Baca juga : cara install wordpress dengan XAMPP.

Cara Backup dan Restore Blog WordPress

Nah kalau kamu sudah tahu apa manfaat dari plugin ini berikut adalah penjelasan singkat cara membackup maupun restore blog wordpress.

  1. Install plugin UpdraftPlus Backup and Restoration kemudian aktikan.
  2. Setelah itu silahkan tentukan kemana akan menyimpan file backup apakah hanya di server web hosting atau ke penyimpanan cloud, misal kita gunakan DropBox. Jadi pilih Tab Settings lalu pilih DropBox lalu Save Changes. Cara Backup dan Restore Blog WordPress
  3. Kemudian refresh halaman setting tersebut untuk melakukan otorisasi ke akun DropBox, dengan cara login ke akun DropBox kamu.
  4. Setelah pengaturan selesai, selanjutnya pilih tab Current Status, lalu pilih Backup Now dan tunggu sampai proses selesai. Hasil backup tersebut bisa dilihat dari Tab Existing Backups dan akan muncul seperti gambar berikut ini.Cara Mudah Backup dan Restore Blog WordPress

Bagaimana Cara Restorenya?

Jika kamu sudah melakukan langkah seperti diatas maka untuk restore caranya pilih tab Existing Backup lalu pilih mana yang ingin direstore apakah Database, Plugin, Theme maupun file gambar yang ada di folder uploads.

Sedangkan jika file hasil backup tidak ada di web hosting maka kamu pilih Upload backup files atau Rescan remote storage jika kamu simpan di Dropbox maupun Google Drive setelah itu pilih tombol Restore. Baca juga : cara hapus theme wordpress.

Mudah bukan? maaf jika penjelasan diatas kurang dimengerti namun pada dasarnya yang perlu kamu lakukan adalah, install plugin UpdraftPlus Backup and Restoration kemudian aktifkan setelah itu lakukan backup.

Advertisement

Jika tidak ingin menggunakan plugin maka alternatif lain kita juga bisa lakukan backup database secara manual dan untuk pengguna VPS bisa baca panduannya disini.