Bayar KPR BTN Bisakah Lewat Transfer Bank Lain?

Setelah sukses akad kredit KPR BTN pertanyaan berikutnya yang ada dikepala adalah kapan mulai bayar cicilan dan apakah bisa bayar kpr btn lewat transfer dari bank lain?

Advertisement

Maksudnya saya tidak perlu setor tunai terlebih dahulu ke rekening bank BTN tapi cukup dengan transfer saja ke rekening tersebut setiap bulan sebelum jatuh tempo tagihan karena memang saya tidak memiliki banyak waktu luang untuk pergi ke bank.

Oh iya hampir lupa, bagi kamu yang pengajuan KPRnya sudah disetujui kemudian akan melakukan akad kredit lalu belum tahu kapan mulai bayar cicilan rumah tersebut, jawabannya adalah bulan berikutnya tepat setelah selesai akad dan kita akan diberi tahu tanggal jatuh tempo tiap bulannya.

Bayar KPR BTN Lewat Transfer Bank Lain Tanpa Setor Tunai Dulu

Karena pembayaran cicilan KPR BTN subsidi ini auto debet dari rekening BTN yang dibuat saat pengajuan maka kita harus memastikan saldo tabungan mencukupi agar tidak gagal auto debet dan akhirnya bisa kena denda.

Tapi karena saya tidak punya banyak waktu luang untuk pergi ke bank akhirnya saya putuskan untuk transfer antar bank saja ke rekening btn tersebut walaupun memang akan dikenakan biaya tambahan yaitu 6.500.

Untuk cara transfernya sama saja seperti kita transfer ke rekening bank lain, dan pada kode bank masukan 200 yaitu kode bank btn kemudian tujuan transfer masukan no rekening btn yang kita miliki.

Sedangkan untuk jumlah atau nominalnya usahakan melebihi jumlah pembayaran cicilan karena setiap bulan tentu setiap bank akan mengenakan biaya administrasi.

Misalnya cicilan KPR BTN subsidi adalah 800.000 per bulan, maka biasanya akan saya kirim ke rekening btn itu sebesar 850.000.

Selain itu jangan lupa transfer jauh-jauh hari sebelum tanggal jatuh tempo atau minimal 7-4 hari sebelum tanggal penarikan auto debet, misalnya tanggal tempo adalah tanggal 10 tiap bulannya maka usahakan antara tanggal 1-7 sudah melakukan transfer ke tabungan btn tersebut.

Tujuannya supaya tidak lupa dan yang pasti disiplin membayar tiap bulan sehingga terhindar dari denda keterlambatan.

Advertisement

Akhir kata, jika kamu mempunyai cicilan kpr btn yang dibayar dengan auto debet dari rekening tetapi tidak punya waktu untuk setor tunai maka kamu bisa coba melakukan transfer ke rekening btn tersebut tiap bulan seperti yang saya lakukan.