Bersihkan Lampu Mobil Buram Cuma 200 Ribu di Cibinong Bogor

Bagi yang tidak punya waktu atau belum berani bersihkan lampu mobil buram sendiri dirumah terutama mika bagian dalam maka alternatifnya bisa menggunakan jasa poles atau cuci headlamp mobil dengan biaya bervariasi mulai dari 200 ribuan dan hasilnya jadi bersih alias kinclong seperti baru.

Memang saat ini ada banyak yang menjual cairan pembersih lampu mobil bahkan ada juga yang pakai pasta gigi atau odol untuk membersihkan mika lampu yang kusam tetapi berdasarkan pengalaman admin hal ini bisa dilakukan jika yang kotor hanya bagian luar bukan bagian dalam dan tidak ada baret halus atau pecah-pecah.

Advertisement

Karena jika yang kusam adalah bagian dalam reflektor atau mika lampu mobil maka mau tidak mau kita harus bongkar headlamp dan membersihkan bagian dalamnya tidak semudah yang dibayangkan walaupun kita cuci pakai air hangat ditambah rinso atau cairan lain ternyata hasilnya tidak maksimal kecuali kita berani melepas mika lampu.

Pengalaman Bersihkan Lampu Mobil Buram Jadi Kinclong Lagi Cuma 200.000 di Cibinong

Tulisan ini bukan promosi tapi hanya sekedar berbagi informasi saja, karena memang agak sulit mencari tukang poles lampu di daerah Bogor.

Dari sekian banyak info berdasarkan hasil pencarian di mbah Google, kebanyakan yang buka jasa cuci lampu mobil bagian dalam lokasinya di Jakarta dan terlalu jauh buat admin akhirnya tanpa sengaja ketika lewat daerah Karadenan ada satu toko variasi mobil yang juga membuka jasa cuci headlamp dan akhirnya admin coba.

Setelah tanya-tanya akhirnya admin tahu biayanya hanya 200.000 rupiah dan berikut adalah gambaran proses membersihkan mika lampu mobil yang kusam atau menguning bahkan ada baret halus didalamnya.

#1 – Copot Headlamp dari Mobil dan Bersihkan Dengan Sabun

Langkah pertama yang dilakukan oleh tukang cuci lampu tersebut adalah melepas kedua headlamp dari mobil kemudian dicuci dengan air sabun lalu diamplas menggunakan amplas halus yang sudah diberi air.

Proses ini dilakukan untuk membersihkan mika bagian luar dan menghilangkan bagian yang pecah rambut (pecah halus).

#2 – Membuka Mika Lampu Mobil

Mungkin ini bagian yang sulit jika kita lakukan sendiri yaitu melepas mika lampu karena harus menggunakan pemanas (heatgun) dengan cara memanaskan sekeliling bagian batok/rumah headlamp.

Setelah dirasa cukup panas dan lem yang menempel pada mika lampu sudah melembek maka langkah selanjutnya adalah melepaskan mika dengan cara dicongkel sedikit-sedikit sampai semua terlepas.

#3 – Membersihkan Reflektor dan Mika Bagian Dalam

Setelah berhasil melepas mika, langkah berikutnya adalah membersihkan reflektor dan bagian lain yang kotor termasuk mika lampu mobil bagian dalam.

Lihat bagian yang diberi tanda panah merah, terlihat sangat kotor karena ada banyak debu akibat dulu headlamp berembun bahkan kemasukan air.

Untuk membersihkan mika lampu depan mobil caranya diberi carian pembersih (lupa apa namanya) tapi kalau tidak salah itu merupakan carian pembersih kaca kemudian setelah itu diberi kompound dan digosok-gosok kemudian dilanjutkan dengan menggunakan alat mesin poles mobil.

Langkah ini diulang-ulang sampai mika bagian dalam lampu mobil benar-benar bersih.

#4 – Memasang Mika Lampu

Proses selanjutnya setelah semua bagian bersih yaitu memasang kembali mika dengan cara memanaskan terlebih dahulu bagian pinggir batok lampu yang ada bekas lem kemudian mikanya ditempelkan kembali lalu sekeliling headlamp diberi lem silikon agar lebih kuat tidak ada bagian yang renggang sehingga bisa menyebabkan lampu mobil berembun.

#5 – Memasang Headlamp Ke Mobil

Langkah terakhir tentu saja memasang kembali headlamp ke mobil, dan jika dihitung-hitung waktu yang dibutuhkan untuk bersihkan lampu mobil buram ini memakan waktu hampir 3 jam.

Demikianlah sedikit pengalaman memakai jasa cuci lampu mobil di daerah Karadenan Cibinong Kab Bogor dengan harga 200ribu (mobil sedan) hasilnya cukup memuaskan.

Headlamp yang tadinya kelihatan kusam, bahkan menguning bagian dalamnya sekarang sudah bersih hampir tampak seperti baru dan tentu saja mobil lebih sedap dipandang lagi tidak seperti mobil yang tidak dirawat pemiliknya.

Catatan : Lokasi bengkel ada di depan toko besi baja Hi Stell karadenan, kalau dari arah Pemda Cibinong posisinya tidak jauh setelah sdn muara beres ada dikiri sebelah tukang pompa air setelah tukang sayur.

Advertisement