BPJS : Cara Ganti Nama Calon Bayi Menjadi Nama Sebenarnya

Pada tulisan kali ini saya akan berbagi pengalaman lagi tentang BPJS tepatnya cara ganti nama calon bayi menjadi nama sebenarnya setelah dilahirkan.

Advertisement

Sebelum lanjut, BPJS yang saya pakai adalah BPJS kesehatan pribadi bukan penerima upah atau bukan dari perusahaan jadi saya kurang tahu apakah prosedurnya sama atau tidak tetapi setahu saya jika bpjs ketenagakerjaan yang mengurus adalah tempat kita bekerja bukan kita sendiri.

Untuk mengganti nama calon bayi ny menjadi nama sebenarnya tidaklah sulit, dengan catatan kita sudah menyiapkan persyaratannya seperti sudah terdaftar di kartu keluarga dan memiliki akte kelahiran.

Cara Ganti Nama Calon Bayi Peserta BPJS Menjadi Nama Sebenarnya di Kab Bogor

Berikut adalah pengalaman mengubah nama bayi yang sudah dilahirkan ke nama sebenarnya di kantor BPJS kabupaten Bogor pada bulan Juli 2017.

# 1 – Siapkan Persyaratannya seperti :

  1. Foto copy kartu keluarga terbaru dengan nama bayi sudah tercantum serta akte kelahiran bayi tersebut.
  2. Kartu BPSJ asli calon bayi yang pernah dicetak, siapkan juga foto copynya jika diminta tidak repot lagi.
  3. Foto copy KTP ibu/bapak (salah satu).

#2 – Datang ke Kantor BPJS

Jika semua syaratnya sudah lengkap selanjutnya adalah tinggal datang ke kantor cabang BPJS sesuai dengan alamat KTP lalu lakukan hal berikut ini.

  1. Datangi bagian pendaftaran untuk meminta nomor antrian dan beritahu anda ingin mengubah nama bayi yang sudah dilahirkan sesuai dengan akte.
  2. Petugas akan memberikan no antrian serta formulir permohonan perubahan data, isi saja yang bisa diisi terutama nomor kartu BPJS bayi dan nama lengkap bayi kemudian tanda tangani.
  3. Setelah form terisi kemudian masuk dan tukarkan no antrian ke security lalu naik ke lantai 2 dan tunggu disana.
  4. Setelah mendapat giliran dipanggil beritahu kita ingin mengubah nama calon bayi lalu berikan semua persyaratannya.
  5. Tidak lama kemudian petugas akan input nama bayi serta tanggal lahir maupun NIK dan tidak sampai 5 menit prosesnya selesai lalu kartu bpjs bayi langsung dicetak saat itu juga.

Tidak sulit dan lumayan cepat ternyata mengubah nama peserta bpjs dari calon bayi nyonya menjadi nama yang benar sesuai akte kelahiran.

Baca : Periksa kandungan pakai BPJS.

Jadi jika anda memiliki bayi yang sudah dilahirkan dan pada kartu bpjs masih tertulis calon bayi ny sebaiknya segera ubah karena prosesnya sangat mudah.

Advertisement

Seperti pengalaman saya, setelah dipanggil petugas prosesnya tidak sampai 5 menit data sudah berhasil diubah dan kartu BPJS bayi langsung dicetak dengan bentuk yang seperti ktp/sim atau tebal bukan lagi yang berbentuk kertas HVS seperti saat mendaftarakan calon bayi dalam kandungan.