Cara Backup dan Restore Database WordPress di VPS

Saat pindah ke vps dari shared hosting salah satu perbedaan yang terasa adalah tidak adanya phpMyAdmin sehingga untuk membackup dan restore database di vps terpaksa dilakukan secara manual.

Sebetulnya untuk backup dan restore database MySQL di vps sangatlah mudah, namun jika kamu belum pernah melakukannya mungkin akan sedikit bingung, namun tidak perlu khawatir karena saya akan memberikan contoh membackup wordpress di vps secara manual dari console.

Advertisement

Sebelum melanjutkan langkah dibawah ini pastikan kamu sudah memiliki software untuk mengakses vps via ssh seperti putty atau Xshell 5 kemudian silahkan ikuti langkah berikut ini.

Cara Backup Database WordPress (MySQL di VPS)

  1. Login ke VPS menggunakan putty atau xshell 5, kali ini saya gunakan xshell karena lebih mudah digunakan dibanding putty.
  2. Setelah berhasil masuk ketik perintah berikut.
    mysqldump -u user -pPASSWORD namadatabase  > database_backup.sql

    Contoh : username adalah root, password : superpas12 dan nama database adalah latihan, maka perintahnya adalah :

    mysqldump -u root -psuperpas12 latihan  > latihan_backup.sql

Mudah bukan hanya perlu menulis command seperti diatas, kita sudah berhasil membackup database wordpress, kemudian kamu bisa simpan hasilnya dengan cara download menggunakan software FTP.

Cara Restore Database Mysql di VPS Secara Manual

Jika suatu saat kita ingin restore database dan sudah memiliki file backup, maka langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Login ke vps lewat SSH.
  2. Kemudian buka direktori dimana kamu menyimpan file backup sql, misal lokasinya ada di var/www/backup maka ketik cd /var/www/backup (silahkan sesuaikan dengan kondisi/tempat kamu menyimpan file backup)
  3. Selanjutnya ketik perintah berikut :
    mysql -u root -psuperpas12 latihan < latihan_backup.sql

Silahkan sesuaikan username, password serta nama database yang akan direstore.

Advertisement

Itulah sedikit pengalaman membackup dan restore database wordpress (mysql) di VPS secara manual, sangat mudah bukan? jika masih ada yang kurang jelas silahkan tanyakan atau jika kamu memiliki cara yang lebih oke silahkan berbagi pengalaman kamu disini.