Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Internet Banking BCA

Ada berbagai cara bayar iuran BPJS diantaranya adalah melalui internet banking dan yang akan admin tunjukan kali ini adalah cara bayar bpjs kesehatan lewat internet banking BCA karena kebetulan beberapa waktu lalu admin berhasil membuka rekening tahapan xpresi BCA dan ternyata bisa dipakai untuk pembayaran tagihan BPJS juga.

Sebagai info, pembayaran tagihan BPJS Kesehatan atau JKN KIS melalui internet banking BCA akan dikenakan biaya administrasi sebesar 2.500 rupiah atau sama dengan saat kita membayar di alfamart, indomaret maupun Tokopedia.

Advertisement

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Internet Banking BCA

Catatan : Sebelum bisa melakukan pembayaran via klikbca atau tentu saja kamu harus mempunyai rekening BCA dan sudah mendaftar layanan internet banking BCA dan memiliki keyBCA, jika belum punya silahkan baca artikel ini.

  1. Buka halaman klikBCA individual kemudian masukan user dan id dan PIN.
  2. Setelah masuk pilih menu Pembayaran.
  3. Kemudian pilih BPJS.
  4. Pada kolom NOMOR BAYAR masukan nomor peserta BPJS Kesehatan (salah satu anggota keluarga dalam satu KK) kemudian pilih tombol Lanjut
  5. Jika nomor peserta benar dan ada tagihan maka akan muncul data berupa informasi seperti nama peserta, tagihan, jumlah pembayaran, jumlah peserta, biaya admin.
  6. Untuk melanjutkan, aktifkan keyBCA dengan memasukan PIN kemudian pilih APPLI 1 (tekan angka 1) lalu masukan kode respon pada kolom yang tersedia.
  7. Terakhir pilih Kirim.

Jadi pembayaran tagihan BPJS Kesehatan via klikbca ini hampir sama dengan saat membayar via atm, tokopedia dan lainnya yaitu tidak perlu memasukan nominal yang akan dibayar karena akan otomatis muncul sesuai dengan total tagihan yang belum dibayar,

Baca juga : cara bayar BPJS pertama kali di ATM Mandiri.

Tanya Jawab

#1 – Apa itu nomor bayar?

Nomor bayar yang dimaksud pada halaman klikBCA adalah nomor peserta BPJS sesuai dengan yang tercetak di kartu KIS kita jadi bukan no virtual account, kalau yang diinput no VA maka akan muncul pesan kesalahan “Nomor Bayar Salah”

#2 – Kenapa Nama Peserta Yang Muncul Berbeda Dengan No Yang Diinput?

Misalnya, yang diinput adalah no bpjs A tapi kenapa yang muncul namanya adalah si B? kemungkinan besar jika ini terjadi penyebabnya adalah si A mempunyai saldo (ada kelebihan bayar) seperti yang admin alami.

Jadi walau yang dimasukan no BPJS admin tetapi nama yang muncul malah nama istri, dan bukan hanya di BCA, kejadian ini akan sama jika kita bayar ditempat lain misalnya Tokopedia atau yang lainnya.

Dengan demikian selama yang muncul adalah nama peserta yang ada dalam satu kartu keluarga dan maka seharusnya pembayaran akan berhasil namun pastikan dulu apakah ada salah satu peserta yang memiliki saldo atau tidak, kalau tidak ada saldo sebaiknya kamu konfirmasi dulu ke pihak BPJS untuk memastikan.

#3 – Kenapa Jumlah Peserta Kurang atau Tagihan Lebih Sedikit Dibanding Bulan Sebelumnya?

Ini sama seperti pertanyaan no 2, kemungkinan besar ada salah satu anggota keluarga yang kelebihan bayar dan memang tidak akan muncul lagi tagihannya jadi walau peserta 4 orang maka saat akan dibayar hanya terlulis 3 orang.

Begitu juga dengan jumlah tagihan yang harus dibayar, akan berkurang.

Oleh karena itu jika kamu melihat nama peserta berbeda dengan no kartu yang diinput atau jumlah peserta kurang maka sebaiknya cek dulu tagihan BPJS yang harus dibayar melalui aplikasi JKN KIS atau online di halaman https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/

Jika hasilnya seperti gambar diatas yaitu ada salah satu peserta yang kelebihan bayar karena sistem error atau apalah (lihat yang diberi tanda kotak merah) maka jelas jumlah peserta akan berbeda saat kita akan bayar tagihan yaitu dikurangi jumlah anggota yang memiliki saldo.

Disclaimer : Jika ada perbedaan jumlah peserta, jumlah tagihan yang harus dibayar sebaiknya konfirmasi dulu ke pihak BPJS bisa via telp ke nomor 1500 400 atau via Twitter @bpjskesehatanri.

Kesimpulannya, cara membayar tagihan BPJS Kesehatan individu atau peserta bukan penerima upah melalui internet banking BCA itu sangat mudah yang penting kita harus daftar internet banking BCA dulu kemudian pada nomor bayar masukan no kartu BPJS bukan no VA dan nanti jumlah yang harus dibayar akan muncul secara otomatis.

Advertisement