Cara Bayar Tagihan BPJS Pertama Lewat ATM Mandiri

Setelah memutuskan untuk daftar bpjs online kini saya akan berbagi pengalaman cara bayar tagihan BPJS pertama lewat ATM Mandiri. Alasan bayar lewat atm karena ini iuran pertama dan saya membutuhkan bukti (struk) pembayaran tersebut untuk mendapatkan kartu bpjs kesehatan.

Seperti kita tahu untuk membayar iuran BPJS Kesehatan bisa dilakukan dengan banyak cara, seperti bayar lewat alfamart, indomaret, internet banking, mandiri mobile, lewat tokopedia, bahkan lewat aplikasi BBM.

Advertisement

Tetapi seperti yang sudah saya sebutkan diatas, karena ini tagihan pertama atau 14 hari setelah daftar maka saya lebih pilih membayar lewat atm agar lebih mudah dijadikan sebagai bukti pembayaran saat akan meminta kartu fisik bpjs nantinya.

Cara Bayar Tagihan BPJS Pertama Lewat ATM Mandiri

Langkah atau proses pembayaran tagihan BPJS kesehatan pribadi lewat ATM Mandiri sebetulnya tidak jauh berbeda dengan saat akan membayar tagihan atau cicilan lainnya, yang membedakan adalah pilihan menu dan kita harus masukan nomor virtual account.

Yang akan saya jelaskan dibawah ini adalah langkah pembayaran iuran bjps kesehatan keluarga/individu jadi jika yang anda ikuti berbeda silahkan sesuaikan dengan pilihan menu yang muncul, dan berikut langkahnya.

1 – Bayar Di ATM Dengan Tampilan Baru

ATM mandiri sudah berubah tampilan dan cara membayar bpjs kesehatan pun ikut berubah, berbeda dengan menu yang ada pada atm lama dan bagi yang belum tahu berikut ini adalah langkah-langkahnya.

  1. Masukan kartu atm, pilih bahasa Indonesia lalu masukan PIN.
  2. Pilih Menu Bayar Beli lalu pilih Berikutnya (pilih tanda panah).
  3. Setelah itu pilih menu BPJS.
  4. Pilih Menu BPJS Kesehatan. 
  5. Pilih Menu Individu.
  6. Masukan nomor virtual account lalu Lanjut.
  7. Setelah itu masukan jumlah bulan yang akan dibayar yaitu 1 lalu ikuti langkah selanjutnya sampai selesai.

2 – Bayar Di ATM Dengan Tampilan Lama

  1. Masukan kartu ATM Mandiri, kemudian pilih bahasa Indonesia.
  2. Masukan PIN.
  3. Kemudian dari menu utama pilih BAYAR/BELI.
  4. Pilih Lainnya.
  5. Pilih BPJS lalu silahkan pilih BPJS Kesehatan atau BPJS Ketenagakerjaan (sesuaikan dengan yang anda ikuti).
  6. Langkah berikutnya pilih Individu.
  7. Masukan no virtual account (VA), jika lupa nomernya untuk mandiri kodenya merupakan kombinasi 89888 + 11 digit dari belakang no kartu bpjs anda (hilangkan 2 angkan nol didepan). Misalnya no peserta anda adalah 0001725722187 maka no va nya adalah 898801725722187. Lalu pilih Benar.
  8. Masukan jumlah bulan yang akan dibayar, saya masukan 1 lalu pilih Benar.
  9. Selanjutnya, akan muncul informasi berupa no bpjs yang akan dibayar, nama peserta, cabang, jumlah bulan dan jumlah peserta dan juga total tagihan sesuai dengan kelas dan jumlah keluarga yang didaftarkan. Pilih No 1 lalu Ya untuk melanjutkan.
  10. Terakhir akan muncul halaman konfirmasi, pilih YA, selesai dan tunggu struk keluar dari mesin atm yang bisa dijadikan sebagai bukti pembayaran saat akan mencetak kartu bpjs di kantor cabang.

Tidak sulit bukan? dan sesuai dengan aturan baru dimana pembayaran tagihan bpjs kesehatan pekerja mandiri ini harus dibayar sekaligus sesuai dengan jumlah peserta yang terdaftar, dan saat tulisan ini dibuat nilai iuran untuk kelas 1 adalah 80.000 per orang jadi total untuk 3 orang adalah 240.000.

Tanya Jawab:

#1 – Apakah setelah pembayaran pertama kepesertaan bpjs langsung aktif?

Berdasar pengalaman saya, setelah pembayaran selesai status berubah dari Penangguhan Pembayaran menjadi aktif.

Untuk mengetahuinya anda bisa cek tagihan bjps online melalui tautan ini atau install aplikasi BPJS untuk Android, berikut buktinya status sudah berubah menjadi aktif.

Jadi setelah bayar, secara otomatis staus peserta berubah menjadi aktif saat itu juga. Pembayaran saya lakukan hari sabtu sekitar jam 12 siang lalu setelah selesai saya cek lewat aplikasi BPJS Android dan sudah aktif begitu juga saat cek kepesertaan bpjs online lewat situs resminya.

Advertisement

Demikianlah sedikit pengalaman singkat bayar tagihan bpjs pertama lewat atm mandiri, berikutnya saya akan coba share pengalaman mencetak kartu bpjs langsung di kantor cabang walaupun saya daftar online tetapi saat akan cetak e-id ternyata tidak bisa dan mau tidak mau harus datang sendiri ke kantor bpjs terdekat. Baca juga : pengalaman melahirkan operasi pakai BPJS.