Cara Capture Halaman Web Full Satu Halaman Online

Ada berbagai cara capture halaman web full satu halaman secara utuh kemudian menyimpannya dalam format jpg atau pdf sehingga bisa kita buka atau baca kembali.

Advertisement

Untuk membuat screen shoot full satu halaman web bisa menggunakan software seperti snagit atau add on web browser tetapi pada kesempatan kali ini saya tidak akan menggunakan keduanya karena lebih memilih cara online, dengan alasan tidak perlu install software maupun add-on tambahan di browser.

Selain tidak perlu install software tambahan, membuat capture web secara online juga memiliki kelebihan yaitu bisa memlih format file yang dihasilkan apakah berupa image (JPEG, PNG, BMP) atau berupa file pdf.

Ada banyak situs yang menyediakan layanan capture online tetapi dari sekian banyak yang saya coba ternyata hanya sedikit yang benar-benar bisa mengambil screenshot satu halaman penuh sehingga halaman web yang dicapture bisa lengkap kita lihat lagi lengkah dari atas sampai bawah tanpa ada bagian yang terpotong. Baca juga : cara save halaman web ke pdf.

Bagaimana Cara Capture Halaman Web Full Satu Halaman Online?

Ada dua situs online yang sudah saya coba dan berhasil mengcapture satu halaman web secara penuh, url yang saya tes adalah sebuah artikel berita dari situs merdeka.com yang isinya lumayan panjang dan berikut adalah langkahnya:

  1. Buka halaman https://web-capture.net/
  2. Kemudian masukan alamat (url) halaman web yang ingin dicapture pada kolom ” Enter the URL to capture”
  3. Setelah itu pilih apakah image atau pdf.
  4. Berikutnya klik tombol Capture web page.
  5. Terakhir setelah selesai, kamu bisa download hasilnya berupa file maupun yang sudah dikompres menggunakan winzip.

Baca juga : Mozilla Firefox Hadirkan Screenshots.

Situs web-capture memang tampilannya sangat simpel tetapi dari beberapa kali percobaan hasilnya cukup memuaskan karena bisa mengambil capture web secara penuh tanpa ada yang terpotong, selain bisa dilkukan dari PC tentu cara ini juga bisa kamu lakukan melalui hp Android dengan cara yang sama seperti dijelaskan diatas.

Advertisement

Itulah sedikit tips cara capture halaman web full satu halaman tanpa software tambahan, semoga bermanfaat bagi kamu yang ingin menyimpan halaman web dalam format pdf maupun gambar (jpg) sehingga bisa dibaca lagi atau bahkan dicetak.

Latest Comments
  1. Cara Terbaru February 13, 2017