Kumpulan Cara Edit File PDF Online dan Offline

Ada banyak cara edit file pdf baik online tanpa software tambahan maupun offline menggunakan aplikasi MS Office atau LibreOffice. Loh ko harus pakai MS Office? karena dokumen yang sudah tersimpan dalam format pdf sebetulnya agak sulit diedit termasuk menggunakan Adobe Acrobat PRO.

Oleh karena itu cara terbaik untuk mengedit pdf adalah dengan cara mengkonversi pdf ke word terlebih dahulu setelah menjadi format doc, docx baru kita lakukan pengeditan misalnya mengubah teks, menambah atau menghapus gambar, menambahkan tabel dan lain sebagainya kemudian setelah selesai simpan kedalam format PDF.

Advertisement

Untuk bisa mengubah dokumen dalam format pdf ke docx kamu harus menggunakan minimal Microsoft Office 2013 keatas dan jika tidak punya maka alternatifnya adalah pakai LibreOffice atau secara online lewat MS Word online yang bisa kita akses secara gratis.

Bagaimana Cara Edit File PDF Online dan Offline?

Prinsipnya untuk bisa mengedit pdf yang akan saya jelaskan dibawah ini langkahnya adalah Buka PDF pakai Office, Word Online atau LibreOffice – Convert ke WordEdit lalu Save ke PDF.

Bisakah mengedit tanpa convert ke word dulu?

Bisa, yaitu dengan menggunakan LibreOffice draw atau menggunakan Adobe Acrobat PRO tetapi dari pengalaman saya hal ini lebih sulit terutama jika dokumen yang akan diedt mengandung tabel, selain itu softwarenya pun sangat mahal jadi sebagai alternatif terbaik adalah ubah dulu menjadi word lalu edit dengan beberapa cara dibawah ini:


#1 – Cara Mengedit File PDF Online Dengan Microsoft Word Online

Pilihan pertama ketika ingin mengubah konten pada dokumen pdf adalah dengan menggunakan MS Word online yang bisa diakses secara gratis.

Untuk bisa memakai Office Online, kamu harus mempunyai akun hotmail atau outlook dulu jadi jika belum punya silahakan daftar dulu.

Jika sudah punya akun kemudian lakukan langkah-langkah dibawah ini:

  1. Upload file pdf yang akan kita modifikasi ke onedrive terlebih dahulu. Caranya buka halaman https://onedrive.live.com lalu login dengan akun hotmail atau outlook.
  2. Setelah berhasil sign in, pilih UploadFile lalu cari file pdf dari komputer.Upload file pdf
  3. Berikutnya, klik file yang sudah diupload tadi untuk membukanya.Cara Mengedit File PDF Online Dengan Microsoft Word Online
  4. Setelah file terbuka pilih Menu – OpenOpen in word online.Bagaimana Cara Edit File PDF Online dan Offline?
  5. Tunggu sampai terbuka tab baru pada web browser lalu pilih tombol Edit in Word.
  6. Akan muncul pop up yang memberitahukan file tersebut akan dikonversi dulu ke word, pilih Convert.Cara Edit PDF Online
  7. Setelah konversi selesai akan muncul gambar seperti dibawah ini lalu pilih View.View
  8. Langkah selanjutnya pilih Menu Edit DocumentEdit in Browser.Edit in Browser
  9. Setelah word online terbuka silahkan lakukan pengeditan sesuai kebutuhan.
  10. Terakhir untuk menyimpan kembali sebagai pdf, pilih menu File – Save as – Download as PDF.

Kekurangan cara pertama ini langkahnya terlalu panjang, karena kita harus upload dulu file pdf yang akan diedit ke OneDrive lalu buka dan convert ke word setelah itu baru diedit secara online menggunakan layanan MS Word Online.


#2 – Cara Edit File PDF Dengan Word – MS Office 2013 – 2016

Ini merupakan yang paling mudah dengan catatan kamu sudah menginstall software MS Office 2013 atau 2016 dan berikut adalah langkahnya:

  1. Buka MS Word lalu buka file pdf yang akan diedit dengan cara pilih Menu FileOpen.
  2. Saat terbuka akan muncul pemberitahuan bahwa dokumen tersebut akan diubah dulu menjadi docx, pilih OK untuk melanjutkan.
  3. Kemudian setelah dokumen tersebut terbuka sempurna dan formatnya suah berubah menjadi word (docx) silahkan lakukan pengeditan.
  4. Setelah selesai, untuk membuat menjadi pdf pilih menu FileExportCreate PDF/XPS Document – Create PDF/XPS.
  5. Kemudian pada Save as type pilih PDF lalu Save.

Jika kurang jelas tentang cara mengedit konten pdf di word silahkan baca panduan lengkap beserta video resmi dari Microsoft melalui tautan ini.


#3 – Cara Mengedit Konten Pada File PDF Dengan LibreOffice

Cara ini merupakan pilihan tepat bagi kamu yang tidak mempunyai Office 2013/2016 karena kita bisa lakukan dengan LibreOffice dan berikut adalah langkahnya:

  1. Buka Libreoffice Draw lalu pilih FileOpen dan cari dokumen pdf yang akan diedit.Cara Edit Teks Pada File PDF Dengan LibreOffice 5
  2. Setelah terbuka kemudian klik pada teks yang akan diedit/diubah atau dihapus. Lalu silahkan tulis kata-kata yang baru.mengedit teks PDF
  3. Setelah selesai, pilih ikon PDF (export directly as PDF).
  4. Pada Save as type pilih PDF dan klik tombol Save untuk menyimpan.PDF - Portable Document Format (.pdf)

Kelemahan cara ini adalah jika konten file pdf tersebut terdapat tabel maka akan sulit diedit. Kelebihannya software LibreOffice gratis sehingga bisa digunakan tanpa harus membeli lisensi key seperti Office.

Advertisement

Itulah beberapa cara edit file PDF yaitu dengan mengkonversi menjadi word kemudian kamu bisa tambah atau hapus teks maupun gambar yang ada dan terakhir simpan lagi sebagai pdf. Sedangkan jika pakai LibreOffice kita bisa langsung edit melalui LibreOffice draw.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *