Cara Membatalkan atau Refund Pembelian Aplikasi di Google Play Store

Tadi pagi saya mendapatk pesan singkat dari Telkomsel yang memberitahukan sedang ada diskon di Google Play Store untuk beberapa game seperti NFS dan Monopoly sehingga harganya menjadi sekitar 1000 an.

Setelah membuka Google Play Store ternyata memang benar saja harganya hanya 1,200 rupiah, dan karena sisa pulsa yang saya miliki mencukupi untuk membeli game tersebut akhirnya saya putuskan untuk membeli dengan cara potong pulsa melalui carrier billing Indosat.

Advertisement

Namun sayang ternyata setelah membeli kemudian install di HP Android, game Need for Speed™ Most Wanted tidak dapat dijalankan karena selalu muncul pesan bahwa harus tersedia minimal 2000 MB sisa ruang penyimpanan, walau sudah menghapus banyak aplikasi lain tetapi tetap tidak bisa juga menjalankan Need for Speed™ Most Wanted tersebut dan akhirnya saya putuskan untuk membatalkan atau refund pembelian tersebut.

Panduan Cara Membatalkan atau Refund Pembelian Aplikasi di Google Play Store

Nah bagi kamu yang mengalami hal serupa yaitu setelah membeli aplikasi tetapi ternyata tidak dapat dijalankan di HP Android yang kita miliki maka ada kesempatan untuk membatalkan atau refund pembelian tersebut dengan cara seperti berikut ini.

  • Jalankan aplikasi Google Play Store
  • Kemudian pilih My Account kemudian scroll kebawah dan lihat bagian Order History, selanjutnya pilih aplikasi yang ingin dibatalkan tersebut lalu tap Refund.Panduan Cara Membatalkan atau Refund Pembelian Aplikasi di Google Play Store
  • Kemudian akan muncul konfirmasi apakah kita benar akan melakukan refund, pilih Yes dan aplikasi yang baru saja kita beli akan diuninstall.
  • Tunggu sampai proses selesai dan jika kamu melakukan pembelian dengan potong pulsa seperti yang saya lakukan maka akan ada sms pemberitahuan yang isinya kira-kira seperti tampak pada gambar berikut.Cara Membatalkan atau Refund Pembelian Aplikasi di Google Play Store

Ternyata proses pengembalian pulsa dari transaksi pembelian tersebut akan memakan waktu hingga 1×24 jam dan saat saya menulis artikel ini proses pengembalian belum selesai karena memang belum 24 jam.

Bagaimana jika membeli pakai kartu kredit? prosesnya sama saja namun yang berbeda tentu proses pengembalian dananya dan saya pribadi belum pernah mencoba jadi tidak bisa memberikan informasi lebih detail.

Advertisement

Berapa lama maksimal kita bisa refund pembelian dari Google Play Store? jika membaca dihalaman resmi Google ternyata kita diberikan waktu hanya 2 jam untuk membatalkan pembelian tersebut dan jika lebih dari 2 jam maka disarankan untuk menghubungi pihak developer game / aplikasi yang kita beli untuk info lebih jelas bisa baca di halaman ini Returns and refunds on Google Play.

Latest Comments
  1. Nasirullah Sitam October 26, 2015
  2. Mas Eko October 31, 2015
    • Opik November 3, 2015