Cara Memberi Password Pada File PDF

Memberi password pada file dokumen PDF sehingga tidak bisa dibuka oleh sembarang orang sangatlah mudah, saat ini ada banyak aplikasi gratis yang bisa kita gunakan salah satunya adalah PDF-XChange Viewer.

PDF-XChange Viewer merupakan sebuah aplikasi untuk membaca file PDF tetapi memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh software sejenis lainnya.

Advertisement

Salah satynya adalah Document Security yang dapat kita manfaatkan untuk mengunci dengan password, hanya dapat dibaca tidak dapat diprint dan juga mencegah pembaca tidak bisa copy text pada dokumen tersebut.

Update : bagi yang membutuhkan panduan cara memberi password pdf di hp Android silahkan baca artikel ini.

Panduan Cara Mengunci atau Memberi Password Pada File PDF

Langkah pertama download lalu install aplikasi ini di komputer sobat lalu jalankan, kemudian buka file yang ingin dikunci. Kemudian pilih menu File – Document properties atau CTRL + D. Download PDF-XChange Viewer Free.

Langkah selanjutnya pilih Security, pada Security Method pilih Password Security (lihat gambar dibawah ini)

Akan terbuka form untuk menentukan password untuk membuka dan edit serta apakah dokumen tersebut boleh diprint atau tidak, silahkan sesuaikan dengan kebutuhan sobat setelah itu pilih OK, lalu OK lagi.

Langkah terakhir pilih Save dari menu utama dengan klik tombol disket untuk menyimpan perubahan sampai muncul tulisan [SECURED] pada akhir file PDF yang sedang dibuka tersebut. Baca juga Cara Mengubah File PDF Ke Word.

Advertisement

Kesimpulan, PDF-XChange Viewer selain untuk membatasi hanya orang tertentu yang dapat membuka file pdf tersebut anda juga bisa membatasi orang hanya dapat membaca tanpa memodifikasi atau edit bahkan tidak bisa print dan copy text.