Cara Membuka, Edit dan Membuat Word (docx) Online

Ketika kamu tidak mempunyai aplikasi Microsoft Office tetapi ingin membuka, edit dan membuat word (docx) maka ada beberapa alternatif yang bisa dipilih untuk melakukan hal itu diantaranya mengganti Office dengan LibreOffice atau membuat file dokumen word secara online.

LibreOffice merupakan software yang bisa menggantikan MS Office secara gratis dan bisa digunakan untuk edit dan membuat dokumen kemudian menyimpan dalam fomat word 2003 (doc), MS Word 2007, 2010 (docx) dengan mudah, namun bagi kamu yang tidak ingin menginstall software tambahan maka cara online merupakan pilihan yang tepat.

Advertisement

Untuk bisa membuka, edit dan membuat word (docx) secara online salah satu caranya adalah melalui Google docs, yang diperlukan hanyalah koneksi internet serta akun Gmail karena untuk bisa mengakses halaman Google Docs kita harus login ke akun Google terlebih dahulu.

Bagaimana Cara Membuka, Edit dan Membuat Word (docx) Online?

Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti beberapa langkah sederhana berikut ini:

  1. Langkah pertama buka halaman Google Docs kemudian login dengan akun Google/Gmail kamu.
  2. Setelah berhasil masuk lalu klik icon + (plus) berwarna merah yang ada dibagian pojok kanan bawah untuk membuat dokumen baru kemudian silahkan ketik dokumen yang ingin kamu buat.
  3. Sedangkan jika ingin membuka file word caranya pilih Menu File – Buka.
  4. Berikutnya pilih tab Unggah lalu cari file word yang ingin diedit.
  5. Jika ingin menambahkan gambar caranya pilih menu Sisipkan – Gambar lalu upload gambar dari komputer.
  6. Terakhir jika sudah selesai mengedit atau membuat dokumen baru, untuk menyimpan ke komputer caranya pilih menu FileUnduh SebagaiMicrosoft Word (docx).

Google Docs sangat mudah digunakan, ketika kita ingin membuka, edit atau membuat dokumen word baru caranya tidak jauh berbeda dengan saat kita menggunakan Microsoft Office di komputer dan kelebihan lainnya adalah kita juga bisa simpan file word menjadi pdf dengan memilih unduh sebagai – PDF Document (*pdf).

Advertisement

Kesimpulan, jika kamu ingin membuat dokumen dalam format MS Word 2010, 2013, 2016 (docx) tetapi tidak mempunyai aplikasi MS Office maka salah satu alternatif paling mudah dan cepat adalah melakukannya secara online dan salah satu situs terbaik untuk membuat word gratis adalah Google Docs.