Cara Memutar Musik Dari HP Ke Tape Mobil Via Bluetooth

Sakah satu cara memutar musik dari hp ke tape mobil yang paling mudah tanpa perlu repot melakukan pengaturan adalah via bluetooth dengan catatan head unit yang kamu punya sudah support koneksi bluetooth.

Pada percobaan kali ini saya akan menggunakan head unit 2 Din murah yaitu AudioLink ALK-TV6936 yang sudah terpasang di Toyota Vios 2007 atau Gen 2. Harganya sekitar 850ribuan dengan fitur sudah support bluetooth, aux input dan juga remote stir. Sedangkan untuk HP saya menggunakan Samsung Galaxy Grand 2.

Advertisement

Selain via bluetooth memang kita juga bisa menghubungkan hp ke tape mobil lewat koneksi aux in menggunakan kabel aux 3.5mm male to male yang banyak dijual dengan harga sangat murah mulai dari 5ribuan. Tetapi pada tulisan ini saya hanya akan bahas cara menghubungkan hp ke speaker mobil lewat bluetooth saja dan langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

Cara Memutar Musik Dari HP Ke Tape Mobil Via Bluetooth

Penting : agar anda berhasil menyambungkan hp ke head unit mobil lewat bluetooth sebaiknya ikuti langkah dibawah ini secara berurutan.

  1. Aktifkan bluetooth di HP Android anda.
  2. Kemudian buat visible atau Terlihat oleh semua perangkat seperti gambar dibawah ini.
  3. Aktifkan bluetooth di tape mobil dengan cara pilih menu BT.
  4. Tunggu sampai ponsel terhubung ke head unit via bluetooth (CAR-KIT) seperti tampak pada gambar berikut.
  5. Setelah HP nyambung ke HU kemudian putar salah satu lagu yang ada di HP menggunakan pemutar musik favorit anda atau bisa juga menggunakan spotify, lalu di tape mobil pilih menu Audio seperti gambar berikut.
  6. Jika sudah tampak seperti gambar diatas maka kita sudah bisa mendengarkan lagu yang diputar di hp melalui speaker mobil dan untuk kontrol, kita bisa play pause next prev dari tape mobil.

Mudah ternyata mendengarkan musik dari hp ke tape mobil via bluetooth dan untuk suara apakah bagus atau tidak tentu tergantung musik yang diputar tetapi berdasarkan pengalaman saya kualitas suaranya cukup bagus tidak mendem dan bass maupun tweeter sangat jelas.

Tidak hanya bisa memutar lagu dari penyimpanan internal atau external (memory card) tetapi setelah berhasil terhubung ke head unit maka kita juga bisa memutar musik dari hp ke tape mobil menggunakan aplikasi musik berbayar seperti spotify, joox dan lainnya.

Kenapa Gagal Mengubungkan Bluetooth Tape Mobil Ke HP Android?

Waktu pertama kali mencoba saya pun mengalami kegagalan menyambungkan hp lewat bluetooth ke head unit mobil karena selalu minta password/PIN dan ternyata kesalahannya adalah tidak mencetang visible atau terlihat oleh semua perangkat.

Berikut adalah gambar contoh gagal konek hp ke tape mobil via bluetooth, karena tidak mencentang visible dulu.

Selain itu pastikan jika pertama kali menghubungkan maka aktifkan dulu bluetooth di hp lalu centang visible baru setelah itu anda aktifkan bluetooth di tape mobil dan tunggu sampai tersambung sendiri tanpa meminta memasukan PIN.

Itulah salah satu cara menghubungkan hp Android ke tape mobil yaitu via bluetooth sehingga kita bisa memutar musik dari hp ke tape mobil, alternatif lain adalah dengan menggunakan kabel aux atau pakai kabel USB tetapi untuk Android sepertinya tidak semua HU bisa apalagi jika pakai head unit murah seperti yang milik saya.

Mohon maaf jika tulisan ini banyak kekurangan karena saya hanyalah pengguna pemula tetapi jika anda mengalami kesulitan jangan sungkan untuk bertanya.

Advertisement