Cara Menambahkan Teks dan Stiker Saat Kirim Foto di WhatsApp

Ceritanya tadi siang saya ingin kirim foto via WA tatapi ada satu hal menarik yang saya lihat yaitu sekarang kita bisa menambahkan teks dan stiker saat kirim foto di WhatsApp chat.

Walaupun sepertinya fitur terbaru WhatsApp ini baru bisa dinikmati oleh pengguna Android yang menginstall versi beta dan belum ada kabar kapan fitur keren ini akan dirilis untuk publik.

Advertisement

Untuk bisa menambah tulisan berupa teks maupun stiker saat akan mengirim gambar dari gallery hp, caranya cukup mudah yaitu dengan memilih ikon-ikon yang ada pada bagian kanan atas foto tersebut.

Sayangnya saat saya coba ternyata belum ada opsi untuk menghapus stiker maupun tulisan yang kita tambahkan pada foto tersebut, jadi jika ingin mengedit atau menghilangkannya kita hanya bisa lakukan dengan memilih ikon undo. Baca juga : cara hapus kontak WhatsApp.

Panduan Cara Menambahkan Teks dan Stiker Saat Kirim Foto di WhatsApp

Penting : jika kamu tidak melihat ikon stiker maupun teks di WA saat akan kirim gambar maka silahkan coba menggunakan WhatsApp versi beta.

  1. Pilih kontak WhatsaApp yang ingin kita kirim gambar.
  2. Setelah itu pilih / tap ikon kamera (bukan tombol attachtment).
  3. Untuk menambahkan stiker, tulisan tangan maupun kata-kata atau teks silahkan pilih ikon/tombol yang ada dipojok kanan atas foto, seperti terlihat pada gambar berikut (yang diberi kotak merah)
  4. Silahkan pilih sticker WhatsApp yang diinginkan, untuk melihat lebih banyak pilihan kamu tinggal scroll kebawah.
  5. Sedangkan jika ingin menambah teks pilih ikon T, dan untuk tulisan tangan pilih ikon pensil.
  6. Setelah selesai, kamu tinggal kirim dengan memilih tombol Kirim/Send.

Catatan :

  1. Untuk memindahkan posisi stiker atau teks yang sudah kita tambahkan caranya cukup tap kemudian geser.
  2. Tulisan atau teks bisa diperbesar atau perkecil (zoom in, zoom out) dengan cara tempatkan 2 jari pada layar ponsel kemudian arahkan kedua jari mendekat atau menjauh, sama halnya saat kita ingin zoom layar Android.
  3. Untuk menghapus, pilih ikon undo yang ada dibagian kiri sebelah crop.

Seperti itulah kira-kira langkah untuk menempelkan stiker pada foto saat akan kita kirim melalui WhatsApp chat.

Jika kamu tidak melihat tombol-tombol seperti diatas maka ada 2 kemungkinan yaitu : fitur ini belum tersedia pada semua versi karena seperti saya sebutkan diatas saya menggunakan versi beta, kedua kamu mengirim foto dari tombol attachment.

Karena setelah mencoba berkali-kali ternyata fitur ini hanya muncul saat kita kirim foto lewat ikon camera pada chat bukan dari attachment.

Sedangkan untuk gambar bisa kita pilih dari gallery atau langsung mengambil foto dengan kamera HP. Baca juga : cara backup chat WhatsApp.

Advertisement

Bagaimana menurut mu fitur terbaru yang memungkinkan kita menambahkan teks dan stiker saat kirim foto di WhatsApp, apakah cukup menarik atau biasa saja?