Cara Mengatasi Gambar di Posting WordPress Blank

Pernah mengalami tiba-tiba beberapa gambar yang ada diposting wordpress menjadi blank hanya muncul alt teks saja? biasanya ada 3  penyebab utama kenapa gambar di artikel blog WordPress menghilang diantaranya : gambar sudah dihapus terutama jika kamu melakukan hotlink dari sumber lain, menginstall ulang wordpress kemudian lupa mengubah setting ukuran media terutama untuk ukuran Large Size atau karena mengganti tema blog seperti yang saya alami.

Ko bisa gara-gara mengganti theme WordPress gambar diartikel menjadi blank atau tidak muncul? bisa saja jika pada theme yang kita gunakan memiliki fungsi yang mendefinisikan ukuran gambar dan pada theme baru tidak ada fungsi tersebut.

Advertisement

Seperti yang saya alami ketika mengganti theme dari Genesis ke Trupixel buatan mythemeshop, ternyata banyak artikel yang tidak ada gambarnya. Baca juga : mengatasi wordpress blank setelah update plugin.

Memang agak merepotkan ketika harus memperbaiki postingan yang hilang gambarnya tetapi sampai saat ini baru cara manual yang saya temukan paling efektif walaupun tentu saja akan menyita banyak waktu, tetapi daripada artikel menjadi kelihatan aneh karena gambarnya tidak ada saya lebih pilih cape mengedit artikel.

Cara Mengatasi Gambar di Posting WordPress Blank

Nah sebelum kita perbaiki tentu kita harus tahu dulu artikel mana saja yang bermasalah dan paling mudah adalah dengan menggunakan layanan broken link cheker online sehingga kita tidak perlu repot cek satu persatu semua artikel.

Caranya buka halaman ini kemudian masukan alamat blog kamu pilih check dan masukan kode capcha yang muncul lalu tunggu proses analisa selesai, jika ditemukan ada url gambar yang tidak ditemukan maka akan muncul tulisan merah seperti gambar berikut ini.

Cara Mengatasi Gambar di Posting WordPress Blank

Lihat yang diberi tanda kotak biru, dengan status 404 Not Found dan URL adalah menuju ke link gambar. Nah untuk mengetahui dimana letak artikel yang error dengan gambar blank tersebut lihat di sebelah kanan (Source link) lalu klik dan nanti akan dibawa ke artikel yang dituju.

Setelah dibuka ternyata yang bermasalah adalah artikel dengan judul cara mengubah word ke PDF. Untuk mengatasinya edit posting tersebut kemudian pada klik pada gambar yang blank sampai muncul menu edit seperti tampak pada gambar berikut.

Gambar di Posting WordPress Blank

Pilih icon pensil untuk mengedit lalu akan muncul Image Details dan jika kesalahan karena install ulang wordpress maupun mengganti theme berbeda biasanya gambar asli belum terhapus tetapi yang berubah adalah ukurannya jadi masih bisa kita perbaiki tanpa perlu upload ulang gambarnya, caranya cukup klik pada Size lalu pilih ukuran yang diinginkan misalnya menjadi Full Size.

Image Posting Hilang

Lakukan cara ini sampai gambar muncul kembali lalu update artikel tersebut, dan lakukan langkah ini pada semua artikel yang mengalami masalah gambar tidak muncul.

Advertisement

Itulah cara saya mengatasi gambar tidak muncul pada artikel WordPress setelah mengganti theme, memang merepotkan tetapi karena belum tahu cara yang lebih efektif ya terpaksa melakukan secara manual dengan cara yang saya jelaskan diatas. Baca juga : cara posting blog WordPress dari PC.