Cara Mengatasi Remove Query Strings From Static Resources – GTmetrix

Setelah mengganti theme dan mengutak-atik beberapa bagian terutama css agar lebih sesuai dengan selera, seperti biasa saya tes performa theme ini menggunakan GTmetrix dan menemukan beberapa skor yang masih jelek diantaranya mendapatkan pesan “Remove query strings from static resources” dengan skor E.

Mengatasi kesalahan Remove query strings from static resources sebetulnya mudah dan biasa saya lakukan pada beberapa template wordpress yang sudah diedit, namun karena sering lupa makanya saya sengaja buat tulisan ini sebagai pengingat dan siapa tau bisa membantu sobat blogger lainnya yang menemukan masalah serupa saat tes kecepatan blog dengan GTmetrix.

Advertisement

Update : jika cara ini terlalu sulit atau kamu tidak berani mengubah file functions.php maka bisa coba alternatif lain yaitu dengan menggunakan plugin speed booster pack.

Cara Mudah Mengatasi Remove Query Strings From Static Resources

  1. Login ke dashboard blog wordpress anda.
  2. Kemudian pilih Appearance – Editor. Cari file functions.php jika tidak ketemu biasanya namanya Theme Functions (backup terlebih dahulu agar jika ada kesalahan anda masih bisa restore)
  3. Scroll kebawah lalu tambahkan baris kode berikut ini
    /*** Remove Query String from Static Resources ***/
    function _remove_script_version( $src ){
    $parts = explode( '?', $src );
    return $parts[0];
    }
    add_filter( 'script_loader_src', '_remove_script_version', 15, 1 );
    add_filter( 'style_loader_src', '_remove_script_version', 15, 1 );
    sebelum tanda penutup kode php (?>) ingat copy diatas ?> kemudian Update File.Cara Mudah Mengatasi Remove Query Strings From Static ResourcesLihat tanda panah merah diatas, tempatkan kode untuk menghilangkan pesan Remove Query Strings From Static Resources disitu, lihat hasilnya digambar berikut ini.
    menghilangkan pesan Remove Query Strings From Static Resources
  4. Setelah itu save dan coba kembali tes dengan GTmetrix.

Jika anda menggunakan plugin W3 Total Cache periksa setting Browser Cache dan jangan centang ini “Prevent caching of objects after settings change“.

Setelah melakukan cara diatas, skor yang tadinya E berubah menjadi A dan menyisakan satu yang tidak bisa diatasi yaitu font/fontawesome-webfont.woff?v=3.2.1

Setelah melakukan perubahan seperti diatas silahkan tes kembali dengan GTmetrix dan lihat apakah ada perubahan atau tidak.

Jika sudah melakukan langkah dengan benar seharusnya ada perubahan, kecuali untuk yang menggunakan fontawsome memang tidak bisa diatasi dengan cara diatas.

Advertisement

Catatan : Remove Query Strings hanya dapat diatasi jika script ada pada server hosting kita, jadi jika script ada diluar server seperti Google Web Font dan lainnya maka walau sudah mengikuti langkah diatas pesan Remove Query Strings akan tetap muncul.