Cara Mengetahui Lokasi Php.ini Di Web Hosting

Bagaimana cara mengetahui lokasi php.ini di web hosting maupun localhost atau XAMPP? sebetulnya tidak terlalu sulit menemukan file php.ini ketika kita ingin mengubah konfigurasi baik di cpanel, VPS maupun komputer jika menggunakan XAMPP.

Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan membuat sebuah file info.php yang akan menampilkan berbagi informasi terkait konfigurasi php termasuk letak filenya ada dimana.

Advertisement

Cara Mengetahui Lokasi Php.ini Di Web Hosting

Berikut adalah cara mudah untuk menemukan dimana lokasi file php.ini berada baik di web hosting, VPS maupun dikomputer.

Jika kamu menggunakan WordPress di VPS untuk mengikuti langkah dibawah ini, pertama-tama masuk dulu ke server VPS lewat SSH kemudian buka lokasi folder dimana kamu install WordPress misalnya /var/www atau var/www/html kemudian buat sebuah file dengan command nano info.php lalu tambahkan kode seperti yang akan saya jelaskan dibawah ini.

  1. Masuk ke direktori dimana kamu menginstall WordPress atau root folder jika menggunakan cPanel biasanya ada di public_html/namadomain.
  2. Kemudian buat sebuah file php dan tulis baris kode berikut kemudian simpan dengan nama info.php
    <?php
    phpinfo();
    ?>
  3. Setelah itu akses halaman tersebut dengan mengetik http://urlblog/info.php dan hasilnya tampak seperti gambar dibawah ini.

Lihat tanda yang diberi kotak merah bagian “Configuration File (php.ini) Path” disitu terlihat lokasinya ada di /etc/php5/apache. Nah untuk mengeditnya silahakan kamu buka folder tersebut menggunakan file manager jika di shared hosting.

Kalau di Localhost (XAMPP) Bagaimana Caranya?
Sebetulnya kamu juga bisa pakai cara diatas, tetapi jika ingin lebih cepat atau tidak mau repot membuat file info.php maka cara untuk mencari lokasi php.ini di XAMPP dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut.

  1. Jalankan XAMPP Control Panel.
  2. Lalu klik di tombol Config dan pilih PHP (php.ini) 

Tidak terlalu sulit bukan mencari dimana lokasi file php.ini pada web hosting maupun XAMPP, file ini memang sangat jarang dimodifikasi tetapi pada keadaan tertentu misal saat akan import WordPress dari komputer lokal atau sebaliknya dari web hosting ke localhost kadang kita mengalami kendala karena batas maksimum ukuran file yang dapat diupload biasanya hanya 2MB.

Itulah sedikit pengalaman ketika saya ingin mengubah konfigurasi php dan tidak tahu dimana lokasinya, semoga bermanfaat dan maaf jika masih ada kekurangan.

Advertisement