Cara Mengetahui Umur dan Pemilik Domain Dengan Whois Lookup

Opikini.com – Jika sebelumnya saya pernah berbagi tentang cara mengubah DNS di MWN, kali ini saya akan berbagi cara untuk mengetahui umur dan pemilik domain name dengan whois lookup.

Namun perlu diingat jika domain name yang kita ingin cek menggunakan whois guard maka kita tidak akan bisa mengetahui tanggal registrasi, kapan expired, nama pemilik maupun alamat email yang sebenarnya karena memang diproteksi.

Advertisement

Saat ini ada banyak situs online yang menyediakan layanan whois lookup dan salah satu favorit saya adalah domaintools.com dan berikut adalah langkahnya.

Panduan Cara Mengetahui Umur dan Pemilik Domain Dengan Whois Lookup

Panduan Cara Mengetahui Umur dan Pemilik Domain Dengan Whois Lookup

Pertama-tama kunjungi halaman http://whois.domaintools.com/ kemudian masukan nama domain yang ingin kita cek selanjutnya pilih Search, kemudian akan muncul berbagai informasi mengenai domain tersebut mulai dari tanggal daftar, Name Server, dan masih banyak lagi.

Namun perlu diingat bahwa whois lookup ini hanya bisa digunakan untuk mengecek kepemilikan domain internasional atau TLD, jika ingin tahu siapa pemiliki domain lokal atau country code top-level domain (ccTLD) seperti co.id maka kita bisa menggunakan layanan whois.pandi.id

Advertisement

Mudah bukan, proses whois lookup biasanya saya lakukan ketika akan membeli domain name baru untuk mengetahui apakah sudah pernah diregistrasi sebelumnya atau belum, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.