Cara Menggunakan Xender Untuk Kirim File Dari Android Ke PC dan Sebaliknya

Kali ini opikini.com akan berbagi tips cara menggunakan Xender, bagi yang belum tahu aplikasi ini berfungsi untuk transfer file lewat WiFi dari Android ke PC (Windows/Mac) maupun sesama Android atau Windows Phone.

Salah satu kelebihan kirim file lewat wifi adalah jawabannya karena jauh lebih cepat dibanding lewat bluetooth dan dengan menggunakan Xender proses ini jauh menjadi lebih mudah karena aplikasi ini akan membuat hotspot sendiri sehingga untuk kirim maupun menerima, perangkat lain tinggal konek ke hotspot tersebut.

Advertisement

Aplikasi ini sangat cocok jika yang dikirim berukuran besar baik itu foto dari gallery HP, aplikasi (apk), musik, video dan berbagai file lainnya.

Update : Jika ragu atau takut paket data terpakai saat transfer file sebaiknya nonaktifkan dulu paket data di HP Android kamu sebelum mengaktifkan Xender.

Cara Menggunakan Xender Untuk Kirim File Dari Android Ke PC Lewat WiFi

Bagi yang baru mendengar Xender dan belum tahu bagaimana cara menggunakannya silahkan ikuti panduan lengkap dengan gambar yang akan kami jelaskan dibawah ini.

  1. Install Xender dari Google Play Store di ponsel Android kamu.
  2. Jalankan aplikasinya kemudian, dari menu utama tap icon berwarna merah (transfer) yang letaknya ada dipojok kanan bawah.
  3. Kemudian pilih PC/MAC, seperti terlihat pada gambar dibawah ini.Cara Menggunakan Xender Untuk Kirim File Dari Android Ke PC Lewat WiFi
  4. Selanjutnya pilih Create Hotspot dan tunggu sampai muncul alamat IP serta nama hotspot yang dibuat otomatis oleh Xender, biasanya namanya mengandung awalan Xender_Cara Menggunakan Xender Untuk Kirim File Dari Android Ke PC Lewat WiFi
  5. Selanjutnya, di Laptop atau PC klik icon wireless dan hubungkan dengan cara klik Connect ke hotspot contohnya Xender_AP. Lalu di HP pilih Accept.Cara Menggunakan Xender Untuk Kirim File Dari Android Ke PC Lewat WiFi
  6. Jika berhasil terhubung ke hotspot tersebut buka web browser lalu ketik pada url http://ip address yang tampak pada aplikasi Xender di HP Android, dan jika berhasil maka di komputer atau laptop akan tampilan seperti berikut.

Xender Di PC

Nah jika sudah melihat tampilan seperti diatas maka kita sudah bisa copy data, gambar, musik, video dari dan ke Android.

Misal saya ingin mengambil file foto yang ada di HP Android kemudian akan disimpan ke PC, maka caranya pilih icon Gallery lalu pilih gambar yang akan diambil (bisa satu persatu atau sekaligus banyak) kemudian untuk mendownload ke PC pilih icon download.

Cara Menggunakan Xender

Kalau Kirim Sesama Android Bagaimana?

Caranya agak sedikit berbeda karena untuk kirim file sesama Android kedua ponsel yang digunakan harus terinstall Xender terlebih dahulu.

Setelah terpasang, pada HP yang akan mengirim pilih Send dan jalankan juga Xender di HP penerima lalu pilih Receive.

Kemudian aplikasi ini akan otomatis mendeteksi ponsel yang sedang menjalankan Xender, untuk menghubungkan tap pada nama HP yang muncul seperti gambar dibawah.

Kirim Sesama Android Bagaimana

Setelah berhasil terhubung, langkah berikutnya kamu tinggal pilih file yang akan dikirim misal apk atau foto, lalu pilih SEND, dan tunggu sampai pengiriman selesai.

Kesimpulan, Aplikasi Xender memang cukup layak dipertimbangkan terutama bagi kamu yang sering mengirim atau transfer file dari PC ke Android lewat Wifi.

Selain mudah digunakan, aplikasi ini juga bisa dipakai untuk install aplikasi Android dari PC dengan cara mengirim file apk kemudian nanti proses install dilanjutkan di HP target. Jika dibandingkan dengan asus share link, Xender jelas lebih mudah digunakan karena untuk menghubungkan PC ke HP kita tidak perlu membuat hotspot sendiri.

Advertisement

Hotspot akan dibuat otomatis oleh Xender, sehingga perangkat lain yang memiliki wifi adapter dapat dengan mudah tersambung ke jaringan wifi tersebut, alternatif lain kamu juga bisa pakai SuperBeam atau share apps jika ingin kirim file apk lewat bluetooth antar HP Android.

Latest Comments
  1. mth May 30, 2016
    • Opik May 30, 2016