Cara Menghapus Theme Bawaan WordPress

Setiap kali mengintsall wordpress di web hosting maupun localhost biasanya akan ikut terpasang 3 theme bawaan wordpress yaitu twentyfourteen, Twenty Fifteen dan twentysixteen yang biasanya jarang sekali digunakan. Nah untuk menghemat space web hosting sebetulanya kita bisa menghapus salah satu atau semua tema tersebut dengan mudah.

Awal menggunakan wordpress saya juga tidak tahu bagaimana cara menghapus theme bawaan atau yang tidak terpakai kecuali lewat FTP, padahal sebetulnya dari dashboard wp pun kita bisa dengan mudah menghapus tema tersebut.

Advertisement

Nah bagi kamu yang masih belum tahu cara untuk delete theme wp yang tidak dipakai silahkan ikuti panduan singkat berikut ini. Baca juga cara install wordpress di localhost.

Tiga Cara Menghapus Theme Wordrpess

Ada 3 cara yang bisa kita lakukan saat ingin delete tema wordpress di web hosting baik shared maupun VPS, yaitu lewat dashboard WP, menggunakan FTP dan lewat console jadi silahkan pilih cara yang paling mudah.

#1 – Cara Delete Theme WordPress dari Dashboard

Langkah pertama login ke blog wordpress kamu kemudian pilih menu AppearanceThemes. Setelah itu silahkan pilih tema yang ingin dihapus kemudian pilih Theme Details.

Tiga Cara Menghapus Theme Wordrpess

Setelah muncul detail tema tersebut untuk menghapus, pilih Delete yang letaknya ada dibagian kanan bawah seperti tampak pada gambar berikut.

Cara Menghapus Theme Bawaan WordPress

Akan muncul dialog, pilih OK untuk melanjutkan penghapusan, selesai.

#2 – Cara Hapus Theme WordPress Bawaaan Lewat FTP

Yang kedua adalah delete lewat FTP jadi silahkan gunakan software FTP favorit kamu, dalam hal ini saya menggunakan xftp 5. Jika belum punya dan belum tahu bagaimana cara menghubungakan ke hosting silahkan baca artikel ini.

Pertama-tama akses file theme yang akan dihapus menggunakan software FTP, biasanya jika di shared hosting lokasinya ada di public_html atau di public_html/nama domain sedangkan jika di VPS biasanya ada di /var/www/html.

Cara Hapus Theme WordPress Bawaaan Lewat FTP

Setelah lokasi folder theme ditemukan, pilih folder tema yang ingin dihapus lalu klik kanan dan pilih Delete.

#3 – Cara Hapus Folder Themes WordPress di VPS Lewat Console

Yang terakhir adalah hapus lewat console, dan pada kesempatan kali ini software yang saya gunakan adalah xShell 5 atau jika kamu tidak punya maka bisa juga menggunakan putty, berikut adalah langkahnya.

Kemudian login ke VPS lewat SSH menggunakan putty atau xshell lalu buka folde tempat kamu menginstall wordpress, biasanya ada di folder /var/www/html.

Setelah terbuka kemudian masuk ke folder themes dengan command cd /themes lalu ketik perintah berikut untuk menghapus direktori themes beserta isinya:

sudo rm -rf namathemes

Misal nama template adalah twentyfourteen maka perintahnya menjadi sudo rm -rf twentyfourteen atau rm -rf namathemes jika kamu tidak login menggunakan root.

Dari 3 cara diatas yang paling mudah adalah nomor 1 terutama untuk pemula atau yang tidak memiliki akses ke web hosting via FTP maupun SSH.

Advertisement

Mudah bukan? semoga bisa bermanfaat dan selamat mencoba, jika masih ada yang kurang jelas silahkan tanyakan.

Latest Comments
  1. Ijal Fauzi April 30, 2016
  2. Jajang May 3, 2016
    • Opik May 4, 2016