Cara Menghemat Kuota Internet Di Opera Mini Android Terbaru

Opikini.com – Opera Mini untuk Android baru saja mendapatkan update terbaru dengan dua fitur kompresi (High dan Extreme) yang dapat menghemat paket data atau kuota internet saat kita browsing dari Android.

Mode kompresi data High dan Extreme pada Opera Mini Android selain dapat menghemat kuota, fitur ini diklaim dapat mempercepat loading saat kita browsing, walau saat saya coba hasil kecepatannya tidak jauh berbeda dengan Google Chrome malah agak sedikit lambat.

Advertisement

Namun untuk proses kompresi memang patut diakui Opera Mini Android terbaru ini sangat layak dipilih terutama bagi kamu yang ingin menghemat paket internet.

Cara Menghemat Kuota Internet Di Opera Mini Android

Bagi kamu yang memiliki kuota internet terbatas dan sering browsing, maka tidak ada salahnya untuk beralih ke opera mini untuk Android, dan berikut cara untuk hemat kuota internet di opera mini terbaru.

  1. Install/Update aplikasi Opera Mini Android dari Google Play store, ukuran hanya sekitar 3,2MB
  2. Setelah terinstall kemudian jalankan dan mode Saving akan otomatis aktif, seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Sangat mudah bukan, nah jika mode extreme saving membuat halaman web yang kamu buka menjadi berantakan atau tampil tidak seperti biasanya maka bisa memilih opsi mode saving High namun dengan konsekuensi kompresi yang akan dilakukan oleh mobile browser ini menjadi lebih sedikit, perbandingannnya tampak seperti pada gambar berikut.

Pada gambar kiri, saya aktifkan mode Extreme dengan pengaturan Images low quality dan hasilnya bisa menghemat pemakaian data sampai 95% atau dari 14MB total ukuran halaman web yang saya buka hanya 851KB yang didownload, sedangkan mode High dengan pengaturan image quality high hasilnya hanya dapat menghemat 34% saja.

Namun dari beberapa kali percobaan dengan browsing kebeberapa situs yang sama menggunakan Opera Mini dan Google Chrome ternyata Opera Mini lebih hemat karena memiliki fitur kompresi yang lebih tinggi dibandingkan Chrome dan untuk segi kecepata loading Chrome lebih unggul sedikit (tidak terlalu terlihat bedanya).

Advertisement

Kesimpulan, jika kamu ingin menghemat pemakaian data internet di Android saat browsing maka cobalah Opera Mini terbaru dan rasakan bedanya.