Cara Mengisi SEO Titile dan Meta Description Yoast SEO Terbaru

Opikini.com – Plugin Yoast SEO baru saja melakukan update dan kalau tidak salah sejak update terakhir kemarin tanggal 18 – 19 November sudah ada 4 kali update, silahkan lihat di change log untuk lebih detailnya.

Agak aneh sebetulnya jika dalam 2 hari sudah melakukan 4x update dan menurut saya ini menunjukan update yang mereka buat belum sempurna, lebih parah tampilan Yoast SEO baru saat akan posting artikel lebih membingungkan karena tidak terlihat lagi kolom untuk isi seo title dan description dan akibatnya skor SEO akan selalu buruk atau berwarna merah.

Advertisement

Sebetulnya Yoast SEO 3 tidak menghilangkan kolom meta description maupun SEO Title namun cara pengisiannya berbeda dibanding versi 2, karena kolomnya tidak terpisah lagi seperti versi terdahulu.

Perbandingan Plugin Yoast SEO 3 VS Versi 2

Perbandingan Plugin Yoast SEO 3 VS Versi 2

Seperti terlihat pada gambar, pada versi 2 ada 3 kolom yang bisa kita isi yaitu Focus Keyword, SEO Title dan meta description. Sedangan untuk yoast seo 3 berbeda seperti gambar dibawah ini.

Cara Mengisi SEO Titile dan Meta Description Yoast SEO Terbaru

Tampilan terbaru ini tampak lebih simpel tetapi membingungkan untuk yang baru pertama melakukan update, seperti beberapa teman blogger yang bertanya bagaimana cara pakai Yoast SEO terbaru? dimana ngisi meta description dan SEO Titlenya? karena yang terlihat hanya focus keyword saja.

Karena bingung beberapa teman ada juga yang akhirnya melakukan downgrade atau mengganti ke versi lama secara manual dengan cara upload dari PC, namun sebetulnya baik di versi 3 maupun 2 kita bisa mengisi meta dan title dengan pengisian yang agak berbeda, jika masih belum tahu caranya silahkan ikuti langkah dibawah ini.

Cara Mengisi SEO Title dan Meta Description Yoast SEO Terbaru

  1. Untuk mengisi Seo title caranya lihat bagian Snippet Editor kemudian tempatkan kursor mouse diatas judul postingan sampai muncul icon pensil kemudian silahkan isi sesuai keinginan.
  2. Sedangakn untuk mengubah meta description caranya sama, yaitu arahkan kursor mouse diatas teks “Modify your meta description by editing it right here” kemudian isikan sesuai kebutuhan. Jika masih bingung silahkan lihat gambar dibawah ini.

Cara Mengisi SEO Title dan Meta Description Yoast SEO Terbaru

Mudah bukan? menggunakan plugin Yoast SEO terbaru ini, awal melakukan update saya pun sebetulnya agak bingung tetapi setelah memperhatikan dengan seksama ternyata cara pengisan deskripsi dan judul posting berbeda karena kolomnya tidak terpisah dibawah seperti versi sebelumnya.

Advertisement

Satu lagi salah satu masalah yang dihadapi setelah melakukan update plugin Yoast SEO adalah url artikel di blog wordpress kamu menjadi terpotong tidak karuan sebaikanya non aktifkan terlebih dahulu fitur Remove stop words from slugs yang bisa diakses dari SEO – Advanced – Permalinks.

Latest Comments
  1. Elfa Viona November 24, 2015
    • Opik November 25, 2015
  2. syamsq November 30, 2015
    • Opik December 1, 2015