Cara Menyatukan File PDF Online Dengan SmallPDF

Ada banyak software maupun layanan online yang bisa kita gunakan untuk menyatukan file PDF yang terpisah menjadi satu, dengan berbagai kelebihan dan kekurangan masing-masing tentunya.

Menggabungkan banyak file PDF menjadi satu kadang diperlukan terutama jika file tersebut merupakan hasil scan yang terpisah kemudian kita ingin kirim melalui email dalam satu file saja.

Advertisement

Jika sebelumnya saya pernah membahas caranya dengan software Adobe Acrobat (berbayar) kali ini saya berbagi tips dan cara melakukannya secara online.

Bagaimana Cara Menyatukan File PDF Online Dengan SmallPDF

Kelebihan memilih cara online tentu saja kita tidak perlu menginstall software tambahan, namun kelemahannya kita harus terkoneksi ke internet saat melakukannya dan jika file yang diupload terlalu besar maka prosesnya akan semakin lama, dan berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Pertama-tama buka halaman ini http://smallpdf.com/id/menggabungkan-pdf
  2. Klik Pilih file lalu cari file-file PDF yang ingin kamu satukan dari PC (bisa juga langung dari Google Drive atau DropBox)
  3. Setelah file pertama sukses diupload, pilih Tambah PDF lagi dan lakukan langkah ini sampai semua file yang ingin disatukan terupload.
  4. Terakhir, pilih Gabungkan PDF dan tunggu sampai selesai dan untuk menyimpan ke PC pilih Unduh File Sekarang.

Seperti terlihat pada langkah diatas, sangat mudah bukan. Kelebihan lain smallpdf adalah kita juga bisa mengambil hanya sebagian atau hanya halaman tertentu saja yang ingin digabung, caranya pilih Mode halaman dan tentukan halaman mana saja yang ingin diproses.

Memang masih ada banyak aplikasi maupun layanan online lainnya tetapi dari beberapa yang saya coba kesimpulannya yang smallpdf adalah salah satu yang terbaik untuk menggabungkan banyak file PDF yang terpisah menjadi satu tanpa software, gratis dan tidak perlu registrasi.

Kelebihan lainnya, kita juga bisa mengambil file PDF langsung dari akun Google Drive maupun Dropbox sehingga tidak perlu download terlebih dahulu ke PC, begitu juga untuk opsi penyimpanan kita bisa pilih simpan file yang dihasilkan tersebut ke Dropbox atau Google Drive, keren bukan? selamat mencoba.

Advertisement

Update : bagi sobat pengguna HP atau tablet maka bisa juga coba cara menggabungkan pdf di HP Android.

Tags:,