Cara Mudah Install XAMPP di Windows

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara mudah install XAMPP terbaru di Windows, bagi yang belum tahu apa itu XAMPP singkatnya merupakan sebuah web server cross platform gratis yang dibuat oleh Apache Friends.

XAMPP merupakan salah satu solusi bagi anda yang ingin menginstall WordPress di localhost (Windows maupun Linux) tanpa perlu memiliki domain maupun web hosting, aplikasi ini juga cocok bagi anda yang sekedar ingin belajar MySQL maupun PHP.

Advertisement

Untuk menginstall XAMPP memang sangat mudah tetapi mungkin bagi anda yang belum pernah mencoba sama sekali masih sedikit bingung terutama setelah selesai menginstall harus melakukan apa lagi, dan kali ini saya akan coba berbagi pengalaman langkah-langkah install xampp di Windows dan menjalankan untuk pertama kalinya sehingga siap untuk digunakan sebagai server lokal.

Cara Mudah Install XAMPP di Windows

Langkah pertama download XAMPP dari sini, harap sesuaikan dengan OS yang digunakan dan kali ini saya akan mencotohkan untuk Windows.

Penting : jika ingin digunakan untuk belajar WordPress dilocalhost sebaiknya jangan pilih versi 7.0.1 / PHP 7.0.1 karena saat saya coba install WordPress ternyata gagal.

Setelah selesai download, klik XAMPP installer tersebut lalu pilih Next kemudian akan muncul opsi untuk memilih komponen apa saja yang akan dipasang, pilih Next saja (biarkan default)

Langkah selanjutnya adalah menentukan lokasi folder penyimpanan diamana XAMPP akan disimpan, agar tidak repot melakukan pengaturan biarkan saja tetap di c:\xampp lalu Next lagi.

Kemudian kita juga akan ditawari untuk menginstall Bitnami yang akan menginstall addon WordPress, Jomla dan Drupal, buang saja tanda centang agar tidak ikut terpasang karena nanti akan lebih mudah jika kita install wordpress di localhost secara manual, lalu Next dan tunggu sampai proses selesai.

Catatan : saat proses pemasangan biasanya akan muncul Windows Security Alert yang memberitahukan Firewall memblok Apache HTTP Server, pilih Allow access agar nantinya kita bisa menjalankan Apache begitu juga jika muncul peringatan yang sama untuk MySQL pilih Allow access.

Terakhir jika sudah selesai pilih run XAMPP Control panel untuk menjalakan servis apache dan mysql sehingga bisa kita gunakan untuk belajar php maupun wordpress di localhost.

Untuk mencoba apakah proses install berjalan lancar anda bisa buka web browser kemudian ketik alamat http://localhost maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut.

Nah sangat mudah bukan? hanya perlu beberapa langkah saja server XAMPP di PC sudah terpasang dan bisa mulai digunakan. Sayangnya untuk versi terbaru ini ternyata kini menggunakan Apache + MariaDB + PHP + Perl bukan lagi MySQL seperti versi lama dan kadang ada masalah jika kita mencoba import WordPress ke localhost, dan mungkin lain kali akan saya bahas lebih detail khusus masalah yang satu ini.

Advertisement

Jika ingin membuat database baru, anda tinggal pilih phpMyadmin lalu pilih New, beri nama lalu pilih Create. Namun jika mengalami kendala seperti Apache tidak bisa start silahkan baca salah satu solusinya disini.

Tags: