Cara Mudah Membuat Halaman Kontak di WordPress

Opikini.com – Salah satu manfaat halaman kontak adalah sebagai fasilitas bagi pengunjung blog untuk menghubungi kita sebagai pemilik blog yang kita kelola dengan mudah, dan saat ini untuk membuat halaman kontak atau contact form di wordpress sangatlah mudah.

Ada beberapa cara yang bisa kita pilih saat ingin menambahkan kontak form di situs blog wordpress diantaranya dengan menggunakan tambahan plugin gratis seperti jetpack maupun Contact Form 7 yang merupakan salah satu plugin untuk form kontak yang paling banyak digunakan saat ini.

Advertisement

Beberapa Cara Mudah Membuat Halaman Kontak di WordPress

Berikut ini adalah cara paling mudah untuk menambahkan halaman kontak pada blog WordPress self hosting.

Cara Pertama : Menggunakan Fitur Contact Form Jetpack

Jetpack merupakan salah satu plugin yang dibuat oleh Automatiic atau pemilik wordpress.com, plugin ini memiliki banyak fitur yang bisa kita gunakan secara gratis salah satunya adalah contact dan berikut caranya.

  • Install plugin jetpack dari dashboard wordpress kamu, kemudian aktifkan dan hubungkan dengan akun wordpress.com / gravatar.
  • Aktifkan modul contact jika belum yang bisa dilakukan dari Menu Jetpack – Settings seperti tampak pada gambar berikut ini.
  • Setelah aktif, buat halaman baru dari menu Pages – Add New.
  • Kemudian pilih Add Contact Form
  • Kemudian akan muncul pop up dan pilih Add this form to my post, terakhir Publish halaman tersebut.

Salah satu kelebihan dari kontak form Jetpack adalah kita bisa dengan mudah melihat, serta menghapus pesan yang masuk dari menu Feedback tanpa perlu lagi melihat dari email.

Cara Kedua : Menggunakan Plugin Contact Form 7

Ini adalah salah satu plugin yang banyak digunakan dan memiliki banyak fitur untuk pengaturan sesuai kebutuhan, walaupun untuk pemula seperti lumayan sulit tetapi jika hanya ingin digunakan sebagai kontak form standar tidak ada salahnya kamu juga mempertimbangkan plugin yang satu ini, dan berikut langkah-langkahnya.

  • Log in ke dashboard wordpress kamu lalu pilih Plugins – Add New kemudian cari plugin Contact Form 7 lalu install dan aktifkan.
  • Setelah aktif akan muncul menu baru yaitu contact.
  • Selanjutnya kita harus mencari tahu kode untuk embed form tersebut melalui Menu Contact – Contact Form lalu lihat bagian Shortcode seperti gambar berikut.
  • Untuk menambahkan ke halaman, caranya buat halaman baru dari Menu Pages – Add New. Kemudian pilih mode text lalu copy Shortcode tersebut lalu Publish.

Mudah bukan? mana yang terbaik? jawabannya tergantung kebutuhan karena jika hanya untuk halaman kontak biasa keduanya sama saja sedangkan untuk plugin Contact Form 7 memang masih memliki banyak fitur lain termasuk dapat terintegrasi dengan recaptcha serta pengaturan-pengaturan lain yang tidak dimiliki oleh jetpack.

Advertisement

Namun jika anda sudah menginstall jetpack sebaiknya tidak menambah plugin kontak lain tetapi cukup mengaktifkan modul contact form agar tidak terlalu banyak plugin yang terpasang karena kabarnya akan mempengaruhi kinerja hosting. Baca juga : cara mengatur Jetpack related post.

Latest Comments
  1. dog lover March 23, 2016
  2. www.inspirasirumahku.com April 10, 2016
  3. OmEyie September 5, 2016