Cara Save atau Convert Halaman Web (HTML) Menjadi PDF

Opikini.com – Ketika kita menemukan halaman web yang berisi info menarik terkadang kita ingin menyimpannya agar bisa dibaca kembali lain waktu, salah satu contohnya adalah adik saya yang sering mencari halaman resep kue dan masakan, kemudian setelah ditemukan yang ingin dicoba dia menyimpan halaman tersebut dengan cara screen capture.

Padahal ada cara lain yang lebih efektif yaitu dengan menyimpan halaman html tersebut sebagai file PDF, hal ini bisa dilakukan baik dari PC maupun HP Android menggunakan mobile browser Google Chrome maupun Firefox.

Advertisement

Kelebihan convert html ke PDF dibandingkan screen capture adalah dapat menyimpan full satu halaman tidak terpotong seperti saat kita capture di HP Android.

Cara Save atau Convert Halaman Web (HTML) Menjadi PDF

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita pilih saat ingin print halaman web sebagai PDF di HP Android maupun PC.


1 – Menyimpan Halaman Web Sebagai PDF di PC (Google Chrome)

Yang pertama kita akan menggunakan fitur yang dimiliki oleh web browser Google Chrome, dan berikut langkahnya.

  • Jalankan Google Chrome di PC atau laptop.
  • Kemudian setelah halaman html yang ingin diubah menjadi PDF ditemukan, pilih Menu Print (CRTL +P)
  • Kemudian ubah Destination menjadi PDF dengan cara, pilih Change  lalu pada opsi printer pilih Save as PDF, seperti gambar berikut ini.
  • Terakhir, pilih save dan beri nama file tersebut, Save.

2 – Mengubah HTML Ke PDF Online (PC)

Jika kamu tidak memiliki Google Chrome opsi lainnya adalah menggunakan layanan html to pdf converter online dan berikut langkahnya.

  • Kunjungi halaman http://www.htmlpdf.com/
  • Kemudian, copy URL yang ingin kamu ubah ke kolom yang disediakan lalu silahkan lakukan pengaturan sesuai kebutuhan seperti mengatur Page Orientation dan juga ukuran kertas, lalu pilih Get PDF dan tunggu proses conversi selesai lalu download hasilnya.

3 – Print Halaman Web Sebagai PDF di Android Dengan Google Chrome

Tidak hanya dapat dilakukan di komputer, Google Chrome untuk Android juga memiliki fitur untuk save html menjadi PDF dan berikut caranya.

  • Buka halaman yang ingin disimpan menjadi PDF dari Google Chrome Android.
  • Selanjutnya pilih Menu yang lokasinya ada dipojok kanan atas lalu pilih Print.
  • Pastikan kamu memilih Save as PDF lalu Save untuk mendownload ke HP Android kamu.

4 – Cara Convert HTML ke PDF Dengan Firefox di HP Android

Tidak hanya dengan Google Chrome Android, tetapi Mozilla Firefox Android juga memiliki fitur yang sama, dan berikut caranya.

  • Buka halaman web yang ingin kita simpan menjadi PDF dengan Mozilla di Android.
  • Kemudian pilih Menu dari HP kamu sampai muncul opsi Save as PDF seperti gambar dibawah ini.Setelah kita pilih Save as PDF, file akan otomatis didownload ke Android dengan lokasi penyimpanan biasanya ada di folder sdcard/download.

5 – Cara Menyimpan atau Mencetak Web Sebagai PDF di Mozilla Firefox (PC)

Berbeda dengan Google Chrome untuk PC maupun Android, di Mozilla Firefox untuk PC belum ada fitur untuk mencetak halaman web sebagai PDF, oleh karena itu untuk melakukannya kita membutuhkan tambahan aplikasi virtual printer seperti PrimoPDF maupun aplikasi PDF reader seperti Foxit Reader yang mempunya fitur untuk convert file ke PDF.

Pada contoh kali ini saya pilih menggunakan Foxit Reader, jadi setelah kita temukan halaman web yang akan disimpan sebagai PDF kemudian pilih Print atau Cetak.

Berikutnya pada opsi Printer pilih PDF Virtual printer yang telah kamu install misalnya primopdf atau foxit reader seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Terakhir berinama lalu Save untuk menyimpan dan biarkan proses penyimpanan sampai selesai.

Itulah 5 cara untuk print atau menyimpan halaman web atau html menjadi file PDF baik di Android maupun komputer, sangat mudah bukan?.

Advertisement

Baca juga : cara mengubah PDF ke Word Online. Nah daripada kamu screenshot lebih baik pilih salah satu cara diatas karena halaman yang kita simpan akan full satu halaman, berbeda dengan screenshot yang hanya akan menyimpan seukuran dengan layar saja maka bayangkan jika web yang ingin kita save harus discroll terlebih dahulu, berapa kali kita harus melakukan screenshot agar semuanya tersimpan?

Latest Comments
  1. Walidin May 5, 2016