Duh Daftar Gmail Tidak Bisa Verifikasi Nomor Telepon

Opikini.com – Kemarin sore ada seorang teman yang ingin membuat akun Gmail baru karena akun lama sudah tidak ingat lagi passwordnya. Namun yang menjadi kendala adalah saat akan daftar akun baru ternyata selalu gagal saat akan verifikasi nomor telepon yang didaftarkan baik melalui sms maupun panggilan telepon (voice call).

Agak aneh memang karena nomor tersebut bener-benar baru (membeli perdana baru), karena masih penasaran akhirnya teman saya membeli perdana lagi, kali ini dia membeli perdana IM3 Ooredoo.

Advertisement

Sampai dirumah dia kembali mencoba daftar Gmail baru dan lagi-lagi nomor tersebut tidak bisa dipakai untuk daftar Gmail dengan pesan This phone number cannot be used for verification atau kalau dalam bahasa Indonesianya Nomor telepon ini tidak dapat digunakan untuk verifikasi.

Memang membuat email baru di Gmail bisa tanpa menggunakan no HP jika kita buat akun Google melalui HP Android namun permasalahnnya jika kita suatu saat lupa sandi terus ingin reset maka tanpa no HP biasanya akan sangat sulit, oleh sebab itu penting sekali kita daftar menggunakan nomor telepon aktif.

Singkat kata, sudah 3 nomor Indosat Ooredoo dicoba plus satu nomor AXIS hasilnya semua tidak bisa dipakai untuk verifikasi nomor telepon saat daftar akun Gmail baru, padahal jelas-jelas itu perdana baru yang baru saja diaktifkan dan belum pernah digunakan sama sekali. Baca juga : cara daftar paket EXTRA.

Foto Perdana AXIS dan IM3 Ooredoo Tidak Bisa Dipakai Verifikasi Gmail

Berikut adalah foto 4 buah perdana yang dibeli untuk daftar akun Gmail baru ternyata semuanya gagal saat akan verifikasi nomor telepon via sms maupun panggilan.

Setelah Googling ternyata tidak ada satupun solusi yang bisa digunakan untuk mengatasi no Hp tidak bisa dipakai untuk verifikasi nomor telepon akhirnya saya sarankan kepada teman tersebut untuk coba daftar pakai web browser lain yaitu Google Chrome.

Karena sudah bosan membeli perdana, akhirnya dia coba ikuti saran saya dengan mengganti web browser yang awalnya pakai Mozilla Firefox menjadi Google Chrome, dan tak disangka nomor yang tadinya tidak bisa menerima sms verifikasi dari Google sekarang malah bisa.

Entah apa sebabnya padahal Mozilla yang digunakan merupakan versi terbaru (saat ini) yaitu versi 47. Tanpa banyak mengutak-atik apapun kecuali disconnect koneksi internet kemudian clear cookies menggunakan Ccleaner lalu daftar akun Gmail pun menjadi lancar tidak berhenti di langkah verifikasi SMS.

Karena masih penasaran, dia coba buat akun lagi pakai nomor AXIS dan hasilnya sama, sekarang tidak ada kendala lagi alias bisa dipakai & menerima sms verifikasi dari Gmail.

Nah dari pengalaman teman saya diatas, maka jika sobat mengalami masalah yang sama yaitu tidak bisa daftar Gmail karena selalu gagal saat akan verifikasi sms dengan mendapatkan pesan kesalahan berwarna merah “This phone number cannot be used for verification” maka tidak ada salahnya jika coba ganti web browser pakai Google Chrome.

Kesimpulan, yang dilakukan teman untuk mengatasi gagal verifikasi sms saat membuat akun Google baru adalah sebagai berikut :

  1. Putuskan koneksi internet agar mendapat IP Address baru.
  2. Clear cookies baik manual dari web browser atau pakai software seperti CCleaner.
  3. Hubungkan lagi modem, kemudian coba daftar pakai Google Chrome.

Nah itulah langkah sederhana yang dilakukan setelah berkali-kali mencoba buat akun dan tidak pernah selesai karena gagal untuk verifikasi no HP.

Disclaimer, opikini.com tidak menjamin cara diatas 100% bisa mengatasi masalah tidak bisa daaftar Gmail baru dengan pesan kesalahan “Nomor telepon ini tidak dapat digunakan untuk verifikasi” karena mungkin saja ada faktor lain.

Advertisement

Sudah mencoba cara diatas tetapi tidak berhasil juga? mungkin nomor hp yang kamu gunakan untuk daftar akun baru sudah pernah dipakai untuk membuat akun Gmail, walaupun kamu membeli perdana baru karena dari pengalaman saya kadang nomor yang dijual tersebut adalah nomor recycle atau no bekas yang kemudian diaktifkan kembali, seperti yang pernah saya dapatkan pada beberapa perdana dari salah satu operator seluler.

Latest Comments
  1. Mr.Rius September 20, 2016
    • Opik September 21, 2016
  2. Idoz September 29, 2016