Ini Dia Beberapa Fitur Baru Plugin Jetpack

Beberapa hari lalu plugin Jetpack mendapatkan dua kali update dan ternyata ada beberapa fitur baru yang ditambahkan seperti XML Sitemaps maupun penambahan tombol Skype pada modul sharing.

Advertisement

Jetpack merupakan salah satu plugin dengan banyak modul yang bisa kita aktifkan atau nonaktifkan, bisa menjadi alternatif pengganti beberapa plugin lain sehingga cocok bagi blogger yang tidak ingin terlalu banyak menginstall plugin pada blog WordPress milikinya.

Walau demikian saya juga sering membaca di beberapa forum ada blogger yang mengeluhkan Jetpack memberatkan server tetapi selama lebih dari satu tahun menggunakan saya belum pernah mengalami kendala.

 

Beberapa Fitur Baru Plugin Jetpack

#1 – XML Sitemaps, ternyata pada update terakhir yang dilakukan jetpack ada satu modul tambahan yang cukup menarik yaitu sitemap yang terdiri dari dua buah yaitu sitemaps untuk posting dan page atau halaman serta sitemaps untuk Google News khusus bagi situs yang sudah masuk ke daftar Gnews dan hanya menampilkan posting 48 jam terakhir.

Sayangnya untuk modul yang satu ini saya tidak menemukan halaman untuk mengkofigurasi maupun menonaktifkan news sitemaps.

Jadi sepertinya saya akan tetap menggunakan sitemap dari Yoast SEO dibandingkan Jetpack, karena lebih mudah diatur serta ada konfigurasi untuk memilih posting atau halaman mana saja yang tidak ingin disertakan pada sitemap.xml.

#2 – Penambahan Skye pada Sharing Buttons, jika sebelumnya hanya ada email, print, Linkedin, Reddit, Tumblr, Pinterest, Pocket, Facebook, Twitter, dan Google Plus kini ada tambahan satu tombol share yaitu Skype sehingga pembaca bisa langsung share artikel menarik ke Skype.

#3 – Social Menu, berfungsi untuk menampilkan profil akun sosial media yang kita miliki di blog tetapi fitur ini harus diaktifkan secara manual dengan cara menambahkan kode add_theme_support( ‘jetpack-social-menu’ ); mpada file functions.php kemudian saat membuat menu nanti akan ada tambahan opsi baru seperti tampak pada gambar dibawah ini.

Tetapi lagi-lagi untuk menampilkan social menu Jetpack di WordPress tidak terlalu mudah karena harus dilakukan secara manual dengan menambahkan kode berikut ini:
<?php if ( function_exists( 'jetpack_social_menu' ) ) jetpack_social_menu(); ?>

Kode tersebut ditambahkan pada template di posisi yang kita inginkan, untuk lebih jelas silahkan baca Jetpack Social menu. Tetapi hati-hati menambahkan kode tersebut karena jika plugin Jetpack belum terpasang atau kamu nonaktifkan maka akan terjadi error.

Advertisement

Itulah 3 penambahan fitur baru plugin jetpack yang sudah saya gunakan lebi dari 1 tahun tanpa masalah, semoga bermafaat.

Latest Comments
  1. Gamis Syar'i February 1, 2016
    • Opik February 1, 2016