Kaca Depan Mobil Pecah atau Retak Sendiri, Terpaksa Ganti Baru

Masa sih kaca depan mobil pecah atau retak sendiri? itulah kira-kira jawaban yang saya dapat dari beberapa teman ketika memberitahukan mobil vios kesayangan tiba-tiba kaca bagian depan pecah sendiri dalam keadaan terparkir didepan rumah.

Saya sendiri sempat berpikir mana mungkin kaca mobil pecah sendiri, tapi setelah melihat kondisinya yang retak dari kanan sampai kiri mirip seperti gelas panas langsung diberi air dingin (es) maka saya ambil kesimpulan penyebab kaca pecah ini bukan karena benturan atau dilempar batu.

Advertisement

Seingat saya kalau kaca mobil kena benturan benda keras maka akan pecah namun akan terlihat titik atau pusat yang membuatnya pecah selain itu biasanya pecahnya akan remuk walaupun memang tidak langsung berantakan atau masih menempel seperti saat kaca samping terkena spion yang ditabrak motor akhirnya pecah.

Penampakan Kaca Depan Mobil Pecah atau Retak Sendiri

Lihat tanda panah merah, sepertinya itu adalah pusat retakan kaca depan dan seperti telihat pada gambar kondisinya retak tidak ada tanda bekas benturan atau hantaman benda keras entah itu batu, palu atau yang lainnya karena pusat retaknya halus mirip seperti gelas dingin langsung dikasih air panas.

Baca juga : menghubungkan HP ke tape mobil lewat bluetooth.

Kronologi Kaca Depan Mobil Retak Sendiri

  1. Mobil diparkir halaman rumah (bukan dipinggir jalan) tanpa atap jadi terkena panas matahari langsung.
  2. Saya tinggal diperumahan cluster kecil dan tertutup sehingga jarang ada orang luar masuk kecuali tukang jualan keliling, dengan kata lain lingkungannya lumayan sepi. Jadi kecil kemungkinan jika ada orang iseng yang melempar batu apalagi jika dilihat kondisinya yang retak bukan pecah seperti saat kena benturan.
  3. Saat kejadian (minggu), awalnya panas namun sekitar jam 1 siang tiba-tiba hujan angin disertai petir.
  4. Pagi harinya (senin) tiba-tiba saya lihat kondisi kaca sudah retak-retak full dari kanan ke kiri dan masih dalam kondisi basah karena hujan sampai malam.

Kenapa Kaca Mobil Bisa Pecah Sendiri?

Jujur saja untuk jawaban ilmiahnya saya kurang tahu tapi yang pasti kasus kaca mobil pecah sendiri sudah sering terjadi jika anda googling saya yakin akan banyak menemukan teori beberapa diantaranya kualitas kaca yang sudah menurun, pengaruh cuaca walaupun ada yang membantah teori ini.

Namun saya yakin kalau cuaca juga ikut menjadi salah satu penyebab kaca mobil bisa pecah sendiri walau memang tidak akan pecah saat itu alias membutuhkan proses yang lumayan lama.

Salah satu alasan yang membuat saya yakin cuaca panas dan hujan bisa menjadi penyebabnya karena sudah 1,5 tahun mobil selalu diparkir diruangan terbuka walau didepan rumah tetapi tidak ada tutup/atapnya sehingga setiap hari terkena panas matahari langsung dan ketika hujan jelas kehujanan.

Sehingga bisa jadi kondisi ini menyebabkan kualitas kaca menurun apalagi umurnya yang sudah 10 tahunan, akibatnya setelah terkena panas berjam-jam tiba-tiba kena hujan pecahlah dia dengan sendirinya.

Advertisement

Itulah sedikit pengalaman kaca depan mobil vios pecah sendiri, dan mungkin akhir bulan nanti akan saya ganti dengan yang baru sekalian mau tanya-tanya ke ahli kaca mobil untuk mencari tahu apakah benar dugaan saya kalau setiap hari kena panas lalu kena hujan maka kaca mobil bisa pecah atau mungkin ada penyebab lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *