Kekurangan dan Kelebihan Mengubah File PDF ke Microsoft Word Online

Seperti kita tahu untuk convert file PDF ke MS Word dapat dilakukan dengan dua cara yaitu online dan offline dengan tambahan software tertentu, lalu apa saja kekurangan dan kelebihan mengubah file PDF ke Word Online?

Pada artikel ini sengaja saya buat list beberapa kelebihan maupun kekurangan convert file PDF ke MS word secara online berdasarkan beberapa percobaan beberapa situs yang pernah saya coba.

Advertisement

Semoga bermanfaat dan bisa memberikan sedikit gambaran terutama bagi kamu yang belum pernah mengubah pdf ke word secara online.

Kekurangan Mengubah PDF ke MS Word Online

  1. Membutuhkan Koneksi Internet – jika koneksi internet yang digunakan kurang stabil maka tidak jarang proses upload dan download gagal ditengah jalan terutama jika file yang diunggah berukuran besar.
  2. Ukuran File Dibatasi – umunya situs pdf converter online membatasi ukuran maksimal yang bisa diproses mulai dari 2MB, 5MB, 10MB walau memang ada juga yang tidak membatasi karena saya pernah coba upload file beruukuran 15MB di smallpdf.com masih bisa diproses.
  3. Kemanan – walau rata-rata penyedia pdf to word converter mengklaim aman dan file kita akan dihapus dalam 24 jam tetapi jika yang diproses adalah dokumen yang cukup penting atau hanya boleh dibaca oleh kalangan terbatas maka anda juga harus memperimbangkan faktor kemanan, lain halnya jika yang akan diubah hanya file biasa seperti hasil scan yang tidak terlalu penting.
  4. Kemudahan Download – tidak semua situs memperbolehkan kita bisa langsung unduh file yang telah diconvert karena ada juga yang mengharuskan kita unduh melalui link yang dikirim via email dan tentu ini membuat pekerjaan semakin lama.

Kelebihan Converter Online

  1. Tidak perlu install – karena dilakukan secara online otomatis kita tidak perlu melakukan pemasangan software tambahan. Mungkin ini cocok bagi kamu yang tidak bisa install aplikasi secara bebas karena menggunakan PC kantor atau di warnet misalnya.
  2. Banyak Pilihan – karena ada banyak situs online yang menyediakan layanan serupa maka kita bisa pilih situs yang paling sesuai dengan kebutuhan, contoh situs A hanya menyediakan output berupa file Word (.doc) atau format 97/2003 sedangakan situs B hanya menyediakan output word dengan format docx.

Jadi pilih convert online atau offline? semua kembali pada kebutuhan karena seperti saya jabarkan diatas ada kelebihan dan kekurangan.

Jika file yang diproses tidak terlalu penting dengan ukuran yang tidak terlalu besar maka mengubah secara online masih menjadi pilihan terbaik.

Advertisement