Keren, WhatsApp Android Sekarang Bisa Kirim File Dokumen

Jika kamu sering menggunakan WhatsApp pasti tahu saat ini kita tidak bisa mengirimkan file selain video, suara, dan juga foto. Namun sebentar lagi sepertinya WhatsApp akan menambahkan fitur baru sehingga kita bisa kirim file dokumen seperti word, excel, teks dan PDF.

Fitur terbaru ini baru bisa dinikmati pada versi beta tepatnya WhatsApp 12.2.489 yang bisa kamu unduh langsung dari halaman resmi WhatsApp Android dalam bentuk apk, kemudian install di HP Android kamu.

Advertisement

Sayangnya saat ini dokumen yang bisa dikirim masih terbatas dalam format PDF saja, karena setelah tadi mencoba update manual ternyata untuk file lain seperti xls (excel) docx/doc (word) tidak muncul dalam list saat akan kirim dokumen.

Tampilan WhatsApp Android Terbaru Bisa Kirim File Dokumen

Buat yang belum update berikut adalah tampilan WhatsApp Android beta terbaru yang sudah ada fitur kirim document, jika diperhatikan ternyata jumlah icon tetap sama yaitu 6 buah tetapi untuk video diganti oleh document.

Gambar paling kiri adalah tampilan WhatsApp Android lama sedangkan yang tengah adalah versi beta 2.12.489. Walaupun icon untuk kirim video sudah diganti tetapi kabarnya kita masih bisa kirim video lewat chat dari menu Gallery.

Sekali lagi update ini baru ada pada versi beta dan saat menulis artikel ini 2/3/2016 belum tersedia di Google Play Store, jadi untuk mencobanya harus install lewat apk dan filenya bisa diunduh dari situs resmi WhatsApp.

Selain itu perubahan ini baru terlihat pada versi Android, sedangkan untuk versi web yang bisa diakses dari PC belum tampak ada perubahan sama sekali.

Advertisement

Memang cukup menarik fitur terbaru ini walaupun sebetulnya sudah didahului oleh aplikasi pesan instant lain seperti BBM dari Blackberry yang kita tahu sudah lama bisa dipakai untuk kirim file excel maupun PDF ke sesama Android lewat chat. Baca juga : cara membuat grup WA.