Kompres PDF, Mengurangi Ukuran PDF Secara Online Dengan Smallpdf

Smallpdf adalah salah satu situs yang menyediakan layanan kompres PDF atau mengurangi ukuran PDF secara online gratis. Memang ada banyak situs lain yang serupa tetapi jika anda mencari yang terbaik maka smallpdf adalah bisa menjadi jawabannya.

Memperkecil ukuran file PDF online di smallpdf dari HP Android maupun PC sangat mudah, kita hanya perlu upload dari pc kemudian akan dikompres otomatis, tidak perlu registasi kita bisa langsung mendownload file yang sudah diproses tersebut dengan ukuran lebih kecil dibanding aslinya.

Advertisement

Smallpdf cukup aman, karena file yang anda upload akan dihapus setelah satu jam selain itu proses kompresi sangat cepat karena dilakukan di server cloud. Mungkin anda pernah mengalami kesulitan saat akan melampirkan file lewat email entah itu hasil scan atau hasil convert dari word karena ukurannya terlalu besar maka salah satu solusi yang cepat adalah dengan cara mengurangi ukurannya yang dapat dilakukan secara online maupun offline.

Cara Kompres PDF, Mengurangi Ukuran PDF Secara Online

  1. Buka halaman ini
  2. Kemudian upload file yang ingin dikurangi ukurannya dengan cara tarik dan taruh/drag and drop atau dengan cara klik pada tombol “Pilih File
  3. Tunggu sampai upload berjalan 100% dan proses kompresi akan berjalan otomatis.
  4. Setelah selesai anda bisa langsung unduh hasilnya ke PC, melalui tombol “Unduh File SekarangPada contoh diatas, saya menggunakan file sebesar 2,6MB dan setelah dikompres hasilnya menjadi 1,71MB. Tidak hanya dapat disimpan ke PC tetapi anda juga bisa menyimpannya ke Dropbox maupun Google Drive dengan memilih icon Dropbox atau Google Drive pada tombol Unduh File Sekarang.

Bukan hanya file dari PC tetapi anda juga bisa memilih file dari Google Drive dan Dropbox dengan cara memilih icon Google Drive atau Dropbox yang ada pada tombol Pilih File.

Memilih layanan online untuk mengecilkan ukuran file PDF memiliki beberapa keunggulan diantaranya : tidak perlu install software tambahan, tidak terpengaruh dengan OS yang digunakan selama anda memiliki akses internet dan web browser baik dari PC maupun HP Android maka dapat melakukannya dengan mudah.

Kekurangannya tentu saja sangat terpengaruh dengan kualitas koneksi internet yang digunakan, jika file yang diupload terlalu besar sedangkan koneksi kurang baik biasanya akan lambat atau gagal sehingga harus mengulang dari awal.

Alternatif lain bisa menggunakan ORPALIS PDF reducer jika anda lebih pilih cara offline, dan dari beberapa kali percobaan yang saya lakukan software ini memiliki kinerja yang cukup memuaskan karena file yang dihasilkan memiliki kualitas yang cukup bagus, masih dapat terbaca dengan jelas hampir sama dengan aslinya.

Advertisement

Masih belum menemukan solusi yang tepat untuk kompres PDF? silahkan baca Kumpulan Cara Memperkecil Ukuran File PDF.