Kumpulan Cara Memperkecil Ukuran File PDF Online dan Offline

Pernah mengalami masalah saat akan mengirim file PDF lewat email karena ukurannya terlalu besar? jika ya maka solusinya ada dengan mengurangi ukuran file pdf tersebut sehingga menjadi lebih kecil dan mudah dikirimkan via email.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperkecil ukuran file PDF baik online maupun offline. Selain menggunakan software PDF reducer kita juga bisa memanfaatkan aplikasi lain seperti Microsoft Office – Word maupun Adobe Acrobat XI Pro.

Advertisement

Penting Sebaiknya setelah pdf dikompres menjadi lebih kecil, periksa kembali file tersebut dan bandingkan dengan aslinya, karena proses ini bisa mengurangi kualitas gambar atau membuat dokumen yang diprose menjadi kurang bagus/sulit dibaca/blur.

Kumpulan Cara Memperkecil Ukuran File PDF Online dan Offline

Sesuai dengan judul, saya akan berbagi tips cara untuk mengurangi ukuran pdf agar lebih kecil dengan hasil bervariasi tergantung dari isi/konten file itu sendiri, karena jika banyak mengandung gambar biasanya hasilnya tidak terlau signifikan, dan berikut adalah beberapa metode yang bisa dipilih.

1. Cara Memperkecil Ukuran File PDF Online

Ada banyak situs yang menyediakan layanan kompres pdf, dan dari beberapa yang pernah saya coba salah satu yang terbaik adalah smallpdf. Situs ini mudah digunakan, tidak perlu daftar terlebih dahulu cukup upload lalu compress dan download hasilnya, berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Kunjungi halaman http://smallpdf.com/id/mengompres-pdf
  • Kemudian drag & drop file pdf dari PC anda atau klik “Pilih File“.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses upload selesai 100% dan proses kompres berjalan otomatis.
  • Setelah selesai klik “Unduh File Sekarang

2. Mengurangi Ukuran File PDF Dengan Microsoft Word

Bagi anda yang memiliki aplikasi Office 2013 ketas maka anda dapat memanfaatkan MS Word 2013 tersebut untuk mengurangi ukuran pdf, dan berikut adalah ringkasannya.

  • Buka Word 2013 kemudian Pilih File – Open dan cari file PDF anda.
  • Ketika kita membuka file pdf di Office, maka secara otomatis akan diconvert ke word terlebih dahulu. Jika ada pop up pemberitahuan klik OK untuk melanjutkan.
  • Setelah dokumen terbuka, Save As file tersebut kembali menjadi PDF dengan cara pilih File – Save As (atau CTRL+S).
  • Pilih Save as type : PDF (*.pdf) dan Optimize for : Minimum size (publishing online), kemudian klik Save untuk menyimpan.

3. Menggunakan Adobe Acrobat XI PRO

Alternatif ke 3 yang dapat dilakukan untuk kompres file PDF adalah dengan menggunakan Adobe Acrobat, dan kali ini saya menggunakan Adobe Acrobat XI PRO, berikut caranya.

  • Jalankan Adobe Acrobat kemudian buka file PDF anda.
  • Selanjutnya pilih Menu File – Save As Other – Reduced Size PDF.
  • Pada Make compatible with : Retain existing lalu OK
  • Terakhir save file tersebut dengan nama baru.

Jika kurang jelas silahkan baca panduan lengkapnya disini Kompres File PDF Dengan Adobe Acrobat.


4. Menggunakan ORPALIS PDF Reducer Free

Ini adalah alternatif ke 4 dan sangat cocok bagi anda yang mencari software gratis, mudah digunakan dan aman karena anda tidak perlu upload file seperti saat kompres online di smallpdf, berikut panduan singkatnya.

  • Download dan install dari sini http://www.orpalis.com/products/pdfreducer/download/ (pilih yang free) ukurannya sekitar 14MB.
  • Jalankan aplikasinya, tunggu 7 detik kemudian klik “OK
  • Saat pertama kali menjalankan buka Options – Tab General kemudian dibagian Input Mode  pilih Files selection lalu Apply
  • Cari file PDF yang ingin dikompres dengan cara klik pada Source. Kemudian pada Destination tentukan dimana anda akan menyimpan file yang dihasilkan nantinya.
  • Terakhir, untuk mulai proses kompres, klik pada tombol “Start Batch” dan tunggu sampai selesai.

Kurang jelas? baca panduan cara menggunakan Orpalis PDF Reducer Free.

5. Menggunakan Software Free PDF Compressor

Yang ke lima adalah menggunakan software Free PDF Compressor, aplikasi ini mudah digunakan tetapi sayangnya hanya bisa mengompres satu file sekali proses.

Memiliki 5 rasio kompres berbeda yaitu screen, ebook, printer, prepress, default. Perbedaan ke-5 seting tersebut adalah pada kualitas file yang dihasilkan. Jika ingin mendapatkan ukuran paling kecil maka bisa mencoba pakai screen.

Untuk menggunakan Free PDF Compressor caranya pertama-tama kamu unduh dulu aplikasinya dari freepdfcompressor.com setelah itu install di komputer lalu jalankan.

Setelah terbuka pilih tombol Browse kemudian cari file PDF yang akan kamu perkecil ukurannya. Untuk mulai pilih tombol Compress dan tunggu sampai selesai.

Dari percobaan ternyata hasilnya cukup memuaskan atau boleh dibilang ini adalah salah satu aplikasi untuk mengecilkan PDF terbaik yang pernah saya coba karena dari file asli dengan size 4MB setelah dikompres hasilnya menjadi 884KB.

Setelah dibuka, pdf yang telah dikompres tersebut masih sama dengan aslinya artinya baik itu tulisan/teks maupun gambar masih bisa dibaca dengan sempurna tidak pecah-pecah atau menjadi blur.

Jadi sepertinya aplikasi ini cukup layak dipertimbangkan untuk kamu yang butuh aplikasi untuk mengecilkan file pdf dengan hasil paling kecil.

Catatan : Sebelum install saya sudah scan aplikasi free pdf compressor menggunakan virustotal dan hasilnya bersih alias aman.

Dari 5 cara diatas, memang menghasilkan kualitas dan juga ukuran file yang berbeda, berikut ini adalah perbandingannya saat saya tes dengan sebuah file yang sama dengan ukuran sekitar 1MB atau tepatnya 1017.93 KB dan berikut adalah urutannya yang mampu menghasilkan file paling kecil dengan kualitas bagus.

  1. Free PDF Compressor 4MB menjadi 884KB.
  2. SmallPDF – 689KB
  3. ORPALIS PDF Reducer – 830KB
  4. Adobe Acrobat XI Pro – 833KB (Gambar pecah-pecah)
  5. MS Word 2016 – 960KB

Smallpdf adalah yang terbaik jika dilihat dari kemampuan untuk mengurangi ukuran file, disusul oleh Orpalis kemudian Adobe Acrobat namun sayang gambar yang ada pada dokumen tersebut menjadi blur / tampak pecah-pecah, terakhir adalah Office 2016 (Word).

Advertisement

Itulah lima cara untuk memperkecil ukuran file PDF semoga bermanfaat, dan ingat dari semua metode diatas memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, namun jika mencari yang terbaik maka anda bisa memilih metode 1 yaitu online dengan smallpdf dan metode 4 (offline) menggunakan ORPALIS PDF Reducer.

Latest Comments
  1. apri November 19, 2015
    • Opik November 20, 2015
  2. hermaini munthe May 7, 2016
    • Opik May 8, 2016
  3. sahabat pelajar May 14, 2016
  4. fauzy September 16, 2016
    • Opik September 17, 2016
  5. tri saddang September 18, 2016
  6. Marsega September 27, 2016
    • Opik September 28, 2016