Kumpulan Fitur WhatsApp Keren Yang Perlu Kamu Tahu

Opikini.com – Sampai saat ini aplikasi WhatsApp sepertinya masih menjadi salah satu aplikasi pesan instant favorit di Indonesia, selain sudah tidak perlu membayar biaya tahunan WhatsApp juga terus menerus menambahkan fitur keren seperti tanda bintang untuk menandai chat penting, dapat menulis pesan dengan huruf tebal maupun miring, dapat digunakan untuk kirim dokumen dan masih banyak lagi.

Peningkatan fitur WhatsApp tentu semakin memanjakan penggunanya, terutama setelah WhatsApp menjadi gratis dan pada kesempatan kali ini opikini akan berbagi info kumpulan fitur WhatsApp keren yang perlu kamu tahu, semoga tulisan ini bisa menambah pengetahuan sobat semua tentang WhatsApp.

Advertisement

Apa saja fitur keren WhatsApp? ada banyak dan sepertinya masih saja ada pengguna yang tidak menyadari adanya fitur ini, karena setelah berbincang-bincang dengan beberapa teman ternyata mereka hanya tau WhatsApp hanya untuk chat dan kirim gambar saja.

Fitur WhatsApp Keren Yang Perlu Kamu Tahu

1 –  Menghapus dan Memblokir Kontak

Tidak jarang ada saja orang yang iseng atau membuat kita tidak nyaman di WhatsApp nah solusinya kita bisa blokir kontak tersebut atau jika ada kontak yang sudah tidak aktif maka kita juga bisa menghapusnya.

Untuk blokir teman di WhatsApp caranya buka menu kemudian pilih Privacy – Blocked contacts lalu tap icon kontak kemudian cari kontak yang ingin kita blok.

Sedangkan untuk hapus kontak caranya buka menu buku alamat/kontak di HP Android kamu lalu cari nomor yang ingin dihapus lalu pilih Delete.

Ko prosesnya sama dengan menghapus kontak telepon? memang untuk saat ini caranya seperti itu. Karena kontak WhatsApp memang membaca dari daftar kontak yang ada pada telepon kita jadi untuk menghapusnya pun harus dengan cara diatas.

2 – Keluar dari Grup WhatsApp Tanpa Diketahui

Jika kamu merasa tidak enak ketahuan keluar dari suatu grup maka jalan terakhir yang bisa dipilih adalah dengan mengganti nomor WhatsApp dengan demikian nomor lama akan tetap terdaftar di grup tersebut dan setelah ganti nomor otomatis kita tidak lagi menjadi anggota di grup itu.

Resikonya orang-orang yang biasa menghubungi ke nomor lama tidak akan tahu nomor baru kita kecuali kita beritahu lagi satu persatu.

3 – Menggunakan WhatsApp Di Komputer

Untuk bisa menjalankan WhatsApp di PC caranya cukup mudah, pertama-tama buka halaman https://web.whatsapp.com/ kemudian di HP Android pilih Menu – WhatsApp Web lalu dekatkan ponsel ke layar PC untuk Scan QR Code yang muncul.

Setelah berhasil terhubung maka kamu akan melihat tampilan chat WhatsApp di PC.

4 – Menandai Pesan Penting Dengan Bintang

Jika kamu ingin mudah mencari percakapan penting maka cara paling mudah adalah menandainya dengan tanda bintang yang bisa dilakukan dengan cara tekan agak lama pada percakapan tersebut lalu pilih icon bintang yang ada di menu bar atas.

5 – Menghilangkan Tanda Centang Biru

Dua centang biru pada WhatsApp berfungsi untuk menunjukan pesan yang kita kirim sudah terbaca atau belum oleh penerima.

Namun tidak jarang ada orang yang tidak ingin ketahuan sudah membaca pesan atau belum nah jika kamu termasuk orang yang tidak ingin ketahuan sudah baca chat dari teman maka solusinya adalah dengan menghilangkan tanda centang biru, sehingga orang tidak tahu apakah pesan sudah kita buka atau belum.

Caranya buka menu Setelan/Settings – Akun/Account – Privasi/Privacy kemudian hilangkan tanda centang pada Laporan Baca/Read Receipts.

Tapi ingin menonaktifkan fitur ini memiliki kekurang dan kelebihan, untuk detailnya silahkan baca artikel ini.

6 –  Menghemat Kuota Internet

Trik ini cocok bagi kamu yang mengikuti banyak grup dan sering memposting gambar di grup tersebut, agar kuota paket internet tidak cepat habis karena terlalu banyak download gambar maka kita bisa atur agar media yang orang kirim tidak otomatis diunduh dengan cara,

Buka menu SetelanPenggunaan Data kemudian pada bagian Unduh Otomatis Media silahkan atur sesuai kebutuhan.

Kamu bisa tentukan kapan media yang dikirim teman akan otomatis diunduh apakah saat menggunakan data seluler, saat tersambung ke Wi-Fi atau tidak sama sekali artinya manual.

7 – Backup Percakapan WhatsApp

Jika kamu merasa ada banyak percakapan penting maka agar tidak kehilangan chat tersebut maka kamu bisa pilih fitur backup ke Google Drive.

Untuk backup caranya pilih Menu – SetelahChattingCadangkan Chat kemudian tap cadangkan atau jika ingin otomatis kamu bisa atur dulu dari opsi setelah Google Drive yang ada dibawahnya.

Untuk mengambil atau mengembalikan percakapan WhatsApp dari Google Drive caranya cukup mudah yaitu hapus nomor kamu dari WhatsApp kemudian daftarkan kembali.

Saat akan aktivasi nanti WhatsApp secara otomatis mencari file backup yang pernah kita simpan di Google Drive.

8 – Menambah Stiker Pada Foto

Ini merupakan salah satu fitur terbaru dan saat saya mencoba baru tersedia pada versi beta, dengan fitur ini sekarang kita bisa menambahkan stiker atau kata-kata dengan teks maupun tulisan tangan saat akan mengirimkan foto lewat WA.

Untuk menempelkan stiker pada gambar di WhatsApp caranya cukup mudah yaitu dengan pilih ikon kamera kemudian pilih ikon stiker, teks atau pensil lalu tempatkan pada foto tersebut. Untuk lebih detailnya silahkan baca artikel ini.

Advertisement

Itulah beberapa fitur keren WhatsApp yang perlu kamu tahu, selamat mencoba.