Lampu Mobil Baret Halus dan Kuning Bisakah Dibersihkan?

Terlalu sering parkir dibawah panasnya terik matahari ternyata mengakibatkan lampu mobil baret halus dan kuning sehingga tampa lebih kusam yang membuat tampilan mobil kurang menarik lagi.

Hal inilah yang saya alami setelah hampir satu tahun ini setiap hari memarkirkan mobil diruang terbuka tanpa atap penutup sehingga sering terkena panas maupun hujan disiang hari, pada beberapa bagian mika headlamp tampak ada baret-baret alus atau orang bilang pecah rambut mirip seperti habis dicakar kucing.

Advertisement

Sedangkan bagian lain tampak menguning, lalu pertanyaannya bisakah lampu depan mobil kotor kuning dibersihkan termasuk menghilangkan baret-baret kecil yang ada pada bagian luar mika headlamp? jawabannya bisa dan ini bisa dilakukan sendiri atau dibawa ke tempat poles lampu. Baca juga : rem mobil keras apa sebabnya?

Cara Membersihkan Lampu Mobil Baret Halus dan Kuning

Yang akan saya bahas ini adalah membersihkan mika bagian luar sehingga bisa lebih kinclong dari sebelumnya, sedangkan untuk mika bagian dalam akan saya bahas pada tulisan berikutnya.

Catatan : saya tidak bertanggung jawab dengan segala kerusakan / kerugian yang terjadi setelah anda mengikuti panduan dibawah ini jadi jika tidak yakin sebaiknya jangan lakukan atau bawa saja ke tukang poles lampu.

  1. Langkah pertama bersihkan mika headlamp dengan air dan sabun.
  2. Selanjutnya jika ada baret atau pecah-pecah kecil maka bisa diamplas dengan amplas kertas paling halus, caranya basahi amplas dengan air dan beri sabun colek pada lampu lalu gosok-gosok dengan hati-hati menggunakan amplas. 
  3.  Setelah diamplas maka mika lampu akan tampak putih kusam, namun tidak perlu khawatir karena nanti akan hilang jadi tetap amplas semua bagian yang menguning dan baret tersebut sampai rata.
  4. Jika proses penggosokan sudah selesai, selanjutnya cuci lagi headlamp dengan air dan oleskan compund sampai merata lalu gosok-gosok lagi menggunakan lap halus atau biar lebih maksimal pakai mesin poles.
  5. Setelah dipoles dan diberi compund, terakhir bersihkan lagi mika headlamp dengan air lalu lap sampai kering.
  6. Jika hasil belum maksimal maka silahkan ulangi dari langkah ke 2.

Baca juga : cara mengatasi lampu berembun.

Setelah langkah diatas dilakukan hasilnya headlamp yang sebelumnya terlihat kuning serta banyak baret-baret ternyata jadi bersih lagi walaupun memang belum maksimal karena ada bagian dalam yang masih kotor dan untuk membersihkannya mau tidak mau harus copot headlamp atau bahkan melepas reflektor dengan mikanya dengan cara dipanaskan.

Advertisement

Demikianlah sedikit info mengenai cara memperbaiki lampu mobil baret halus dan kuning yang saya lakukan pada mobil toyota vios matic dan sekarang headlamp kanan sudah lebih cerah dibanding sebelumnya tinggal headlamp kiri saja yang masih perlu dipoles lagi. Baca juga : mengatasi oli mesin mobil rembes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *