Mau Install Aplikasi WhatsApp di PC? Begini Caranya

Mau install aplikasi WhatsApp di PC terutama Windows 7 tetapi selalu gagal? jangan khawatir karena ternyata dengan sedikit trik mudah kita bisa install WhatsApp dan menjalankannya dari pc atau laptop walau masih menggunakan OS Windows 7.

Seperti kita tahu, sudah lama pihak WhatsApp menyediakan aplikasi resmi versi desktop tetapi khusus untuk pengguna Windows 8/10 32bit serta 64bit dan juga Mac OS X. Beberapa waktu lalu saya telah coba install WhatsApp di Windows 7 dan hasilnya gagal, setiap kali install muncul error (lupa apa pesannya).

Advertisement

Baca juga : cara menghapus kontak WhatsApp Android.

Minggu kemarin karena masih penasaran akhirnya saya coba download WhatsApp untuk PC dan mencoba pasang kembali di Windows 7 ternyata berhasil tidak seperti sebelumnya.

Setelah terpasang, aplikasi WhatsApp bisa dibuka dari komputer dan dapat digunakan untuk chat seperti biasa saat mengakses dari HP Android. Nah bagi anda yang ingin mencoba install aplikasi WhatsApp di PC atau laptop dengan OS Windows 7 silahkan ikuti langkah dibawah ini.

Cara Install Aplikasi WhatsApp di PC (Windows 7)

  1. Download aplikasi WhatsApp versi desktop untuk PC melalui halaman resmi berikut ini. Pilih sesuai dengan versi Windows misalnya jika anda pakai 32 bit maka pilih Windows 8 and higher (32-bit version) dan begitu juga sebaliknya jika pakai 64 bit maka pakai versi WA 64bit.
  2. Setelah selesai diunduh, klik kanan file installer WhatsAppsetup.exe lalu pilih Run as adminsitrator.
  3. Tunggu sampai proses install selesai (tidak ada progress bar) jika sudah selesai nanti aplikasi WA akan langsung terbuka di pc.
  4. Jika sudah berhasil install berikutnya anda tinggal buka WhatsApp di HP kemudian pilih menu – settings – WhatsApp Web lalu dekatkan kamera hp ke layar pc untuk scan qr code yang muncul.

Baca juga : cara membuka WhatsApp web.

Apakah Bisa Jalan di Windows XP?

Saya tidak tahu persis karena sudah lama tidak menggunakan Windows XP tetapi jika penasaran silahkan coba dengan cara yang sama seperti penjelasan diatas.

Apakah Aplikasi Bisa Berjalan Jika HP Dalam Keadaan Off atau Nonatktif?

Tidak bisa, karena aplikasi ini hanya pengganti WhatsApp web yang biasa diakses melalui web browser dan untuk bisa menggunakannya, HP harus selalu dalam keadaan aktif dan memiliki paket data.

Apa Kelebihan WhatsApp versi Desktop Dibanding WhatsApp Web?

Sebetulnya tidak ada perbedaan mencolok tetapi yang saya rasakan adalah lebih mudah digunakan karena kita tidak harus selalu scan qr code sebelum bisa login atau membuka chat.

Jadi cukup jalankan aplikasinya kemudian langsung terbuka dan bisa digunakan kecuali HP dalam keadaan nonaktif/tidak ada paket data atau sudah logout dari ponsel.

Kesimpulannya aplikasi ini bisa menjadi alternatif bagi anda yang sering membuka WhatsApp di pc tetapi tidak mau menggunakan web browser.

Advertisement

Pilihan lain bagi anda yang tidak ingin install aplikasi WhatsApp di PC maka bisa mengakses WA dari komputer melalui web browser lalu buka halaman web.whatsapp.com tetapi ada sedikit perbedaan dengan versi pc karena setiap kali akan mengakses dari web kita harus scan qr code lagi sedangkan jika buka dari aplikasi WhatsApp desktop kita tidak harus selalu scan qr code kecuali sudah logout.