Mau Tahu Cara Posting WordPress Dari PC?, Pakai Aplikasi Ini

Opikini.com – Automattic, Inc baru saja meluncurkan aplikasi yang dapat digunakan untuk mengelola situs wordpress langsung dari PC termasuk memposting artikel maupun mengelola plugin yang terpasang pada blog.

Aplikasi WordPress untuk Windows dan OS X dapat digunakan oleh pengguna yang memiliki akun wordpress atau jika pemiliki blog selft hosting maka harus sudah menginstall plugin jetpack dan menghubungkan ke akun WordPress.

Advertisement

Untuk menggunakannya cukup mudah, setelah kita download kemudian install lalu jalankan dan log in dengan akun wordpress/gravatar yang kita miliki, selanjutnya kita akan melihat tampilan dashboard dan dari sana kita bisa melakukan beberapa hal seperti edit atau menulis artikel baru, mengatur theme dan juga melihat statistik pengunjung blog.

Tampilan Awal Aplikasi WordPress Untuk PC

Sayangnya bagi kita pemlik blog wordpress self hosting dan menggunakan plugin SEP seperti Yoast misalnya, sepertinya aplikasi ini tidak dapat terlalu diharapkan untuk memposting artikel karena tidak ada field atau kolom untuk mengisi title, meta description, keyword maupun tag.

Kesimpulan, sepertinya aplikasi WordPress untuk PC ini lebih cocok bagi pengguna wordpress.com yang ingin memposting artikel langsung dari komputer tanpa perlu lagi repot log in setiap saat.

Fiturnya yang terbatas menjadikan software ini tidak bisa terlalu diandalkan salah satu contohnya kita tidak bisa membalas maupun moderasi komentar, selain itu saat kita ingin melihat preview artikel yang sedang kita tulis hanya bisa dilihat dari web browser dan beberapa kekurangan lain yang bisa menjadi kendala diantaranya tidak bisa copy paste menggunakan mouse, tidak bisa menambahkan deskripsi pada gambar, dan saat akan memasukan link ke artikel lain yang pernah kita tulis tidak ada fasilitas pencarian sehingga kita harus memasukan manual link tersebut.

Advertisement

Nah bagi kamu yang ingin mencoba silahkan langsung baca terlebih dahulu informasi lengkapnya dan download langsung dari situs resmi WordPress ini.