Mau Update Mozilla Firefox Terbaru? Begini Caranya

Melakukan update web browser yang kita gunakan sangatlah dianjurkan selain untuk mendapatkan performa yang lebih baik serta peningkatan faktor kemanan, karena biasanya ada saja celah atau bug pada web browser termasuk Mozilla Firefox yang bisa dimanfaatkan oleh pihak tertentu untuk mengakses PC kita misalnya seperti yang pernah ditemukan pada bug Firefox versi 38 kebawah.

Lalu bagaimana cara untuk update Mozilla Firefox? pada dasarnya ada dua cara umum yang bisa kita gunakan yaitu dengan download manual Firefox Installer Offline maupun online atau dengan cara melakukan update otomatis.

Advertisement

Baca juga : bagaimana cara menghilangkan spell checking pada Firefox dan Chrome.

Kumpulan Cara Update Mozill Firefox ke Versi Terbaru

Berikut ini adalah beberapa opsi yang bisa kita pilih saat akan melakukan update Mozilla Firefox ke versi terbaru.


Cara Pertama : Update Dengan Offline Installer

Cara ini cocok bagi kamu yang memiliki lebih dari satu PC karena kita hanya perlu download satu file installer offline kemudian simpan ke USB atau Hardisk lalu lakukan pemasangan di PC tersebut, dan berikut langkahnya.

  1. Kunjungi halaman Update Firefox
  2. Kemudian cari installer yang sesuai dengan OS yang kamu gunakan, misal Windows, Mac OS X atau Linux, lalu pilih “Download
  3. Setelah berhasil diunduh, jalankan installer tersebut untuk melakukan proses install di PC.

Cara Kedua : Update Firefox Semi Otomatis

Kenapa saya bilang semi, karena kita harus cek secara manual untuk mengetahui apakah sudah ada versi terbaru atau belum kemudian jika ada yang baru baru kita lakukan update, dan berikut langkahnya.

  1. Jalankan Firefox kemudian pilih Menu Help – About Firefox
  2. Kemudian pilih Chek for updates.
  3. Jika ada versi terbaru maka akan muncul seperti gambar berikut ini.
    Seperti terlihat pada gambar diatas, versi yang saya gunakan adalah 41.0.1 sedangkan yang terbaru adalah 41.0.2 dan untuk mengupdate, pilih Update to…
  4. Tunggu sampai proses selesai kemudian restart Firefox.

Cara Ketiga : Update Secara Otomatis

Jika kamu ingin Firefox selalu melakukan update secara otomatis maka perlu melakukan perubahan pengaturan terlebih dahulu seperti berikut ini.

  1. Buka Mozilla Firefox lalu pilih Menu Tools – Options
  2. Pilih Tab Advanced – Update lalu pilih “Automatically install updates (recommended: improved security)”
    Jika sudah melakukan pengaturan seperti diatas maka setiap kali kamu membuak Firefox dan terhubung ke internet akan dilakukan pengecekan / pencarian dan melakukan install update terbaru secara otomatis
  3. Jika ditemukan ada versi terbaru dan sudah selesai didownload maka kita akan melihat notifikasi seperti ini.dan jika melihat notifikasi seperti diatas maka segera restart Firefox kamu.
Advertisement

Itulah 3 cara untuk update Mozill Firefox, sangat mudah bukan? Pilih yang mana? itu tergantung selera sobat sekalian tetapi jika tidak ingin repot dan kamu memiliki koneksi internet yang stabil maka cara no 3 adalah yang paling tepat.