Mudahnya Memisahkan atau Menggabung PDF di Android

Setelah searching di Google karena ingin menggabung PDF di Android akhirnya saya temukan salah satu solusinya yaitu menggunakan aplikasi Xodo PDF Reader, cara ini bisa menjadi pilihan alternatif selain cara online yang tentunya harus terhubung ke internet setiap kali akan memisahkan atau menggabungkan file pdf.

Namun dengan aplikasi Xode PDF Reader untuk Android, kita bisa menggabungkan lebih dari satu file pdf terpisah dengan mudah dan cepat tanpa perlu koneksi internet atau offline. Baca juga : cara menyatukan pdf dengan PDFBinder.

Advertisement

Sebelum bisa mengikuti langkah-langkah yang akan dijelaskan berikut ini pastikan kamu sudah menginstall Xodo PDF reader terlebih dahulu, bisa langsung cari di Google Play Store atau baca artikel ini untuk melihat link downloadnya.

Panduan Cara Untuk Menggabung PDF di Android

  1. Jalankan aplikasi Xodo Docs di HP atau Tablet Android kamu.
  2. Dari menu utama akan terlihat semua file pdf yang kita miliki, namun agar lebih mudah sebaiknya kamu simpan dulu semua dokumen pdf tersebut dalam satu folder.
  3. Tap lalu tahan semua file yang ingin dijadikan satu.
  4. Setelah semua terpilih, tap menu hamburger yang ada dipojok kanan atas – Merge.
  5. Langkah selanjutnya pilih tombol merge yang ada dibagian pojok kanan bawah.
  6. Beri nama lalu pilih lagi Merge. Lihat gambar dibawah ini.
  7. Tentukan dimana kita akan menyimpan file tersebut lalu Select.
  8. Terakhir silahkan tunggu sampai prosesnya selesai.

Cukup mudah bukan menggabungkan file pdf lewat HP Android secara offline, nah bagi yang tidak ingin menginstall aplikasi tambahan maka kamu bisa coba menyatukan pdf terpisah online.

Bagaimana Memisahkan File PDF Lewat HP Android?

Selain bisa kita gunakan untuk merge dokumen pdf menjadi satu, aplikasi Xodo Docs juga mempunyai fitur untuk split atau memisahkan file pdf.

Fitur ini akan sangat berguna ketika kita memisahkan pdf dengan menghapus halaman tertentu atau ketika kita ingin mengambil beberapa halaman saja misal halaman 1-5 atau mungkin hanya 3 halaman terakhir dan sebagainya, dan berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka Xodo Docs di ponsel Android kamu.
  2. Buka file pdf yang ingin kita pisahkan.
  3. Setelah terbuka Pilih menu hamburger lalu Edit PagesRearrange/Export, seperti terlihat pada gambar berikut.
  4. Kemudian pilih halaman mana saja yang ingin kita ambil, jadi yang ingin dihilangkan jangan dipilih.
  5. Setelah semua terpilih, tap menu EXPORT – pilih lokasi penyimpanan lalu Select, selesai.

Pada contoh diatas saya menggunakan dokumen pdf bawaan/panduan Xodo Docs yang totalnya ada 16 halaman, kemudian yang ingin diambil hanya halaman 1 s/d 3 dan 11 sampai 12, hasilnya file pdf yang baru hanya menjadi 5 halaman.

Alternatif lain jika ingin melakukan dari PC maka kamu bisa coba aplikasi PDFSam, atau jika ingin menggabungkan pdf online maka bisa mencoba secara online dengan smallpdf maupun Adobe Acrobat jika ingin pilih cara offline.

Itulah cara menggabung atau memisahkan file pdf lewat HP Android, selamat mencoba. Jika masih kurang jelas silahkan tanyakan & mohon maaf jika tutorial diatas terlalu singkat atau membingungkan, tetapi jika kamu langsung coba sepertinya tidak sulit.

Advertisement