Speaker Vios 2007 Sember (Kresek-kresek) Ternyata Gara-gara Head Unit Rusak

Opikini.com – Singkat cerita tiba-tiba bunyi speaker vios 2007 menjadi sember atau kresek-kresek, suaranya pecah mengakibatkan tidak enak lagi untuk menikmati suara musik di mobil kesayangan.

Karena penasaran dan ingin belajar sendiri tentang mobil terutama untuk hal-hal yang tidak berhubungan dengan mesin akhirnya saya coba mencari penyebab kenapa suara audio vios AT 2007 tersebut menjadi pecah atau sember tidak seperti sebelumnya.

Advertisement

Setelah tanya-tanya diforum dan beberapa teman lain, akhirnya saya memberanikan diri untuk membongkar head unit vios 2007 tersebut dengan tujuan untuk mengecek apakah ada kabel yang copot atau longgar dan hasilnya nihil karena setelah dibuka ternyata kabel-kabel yang terhubung ke head unit tersebut masih normal. Lihat juga : alarm mobil bunyi sendiri.

Karena masih penasaran dan belum ingin membawa mobil kesayangan ke bengkel spesialis audio akhirnya saya cek lagi beberapa hal sampai akhirnya menemukan kenapa suara speaker tersebut menjadi sember, nah bagi sobat pembaca yang ingin tahu cara mencari penyebabnya silahkan lanjut membaca.

Pengalaman Mencari Penyebab Speaker Vios 2007 Sember

Pengalaman Mencari Penyebab Speaker Vios 2007 Sember

Penting : Ini bukan tips hebat tetapi hanya pengalaman pemula mendeteksi penyebab suara speaker jadi sember, jadi mohon maaf jika banyak kekurangan dan berikut yang saya lakukan.

1 – Cek Kondisi Speaker

Cari speaker yang masih bagus (normal) kebetulan dirumah ada sebuah speaker mobil yang tidak terpakai. Setelah itu hubungkan ke head unit, yang paling gampang adalah melalui speaker belakang yang letaknya ada dibelakang bangku penumpang.

Jadi hubungkan speaker yang masih normal tersebut ke kabel speaker belakang lalu dengarkan apakah suaranya masih sember atau tidak, jika tidak maka sudah bisa dipastikan speaker mobil kita yang rusak.

Hasil : setelah mencoba pakai speaker lain yang masih bagus ternyata suaranya sember, selain mencoba menghubungkan dari speaker belakang saya juga coba hubungkan dari speaker yang ada di bagian pintu dan hasilnya sama saja.

2 – Periksa Head Unit.

Setelah tes pakai speaker yang masih bagus tetapi hasilnya sember juga, akhirnya saya coba periksa head unit apakah masih normal atau tidak.

Untuk melakukan ini kita harus membongkar head unit vios dulu dan membutuhkan head unit lain (kebetulan saya pinjam dulu dari teman) atau jika teman tidak bisa dipinjam maka sobat bisa coba copot HU bawaan vios tersebut dan tes di mobil lain.

Hasil : setelah dicoba pakai HU lain, ternyata suara speaker normal (tidak sember seperti sebelumnya) jadi kesimpulannya penyebab suara sember tersebut ternyata memang head unit yang sudah rusak (kata teman yang suka pasang audio mobil kemungkinan ada IC yang sudah rusak)

Ternyata mencari penyebab suara audio pada mobil menjadi sember tidak terlalu sulit, tetapi memang dibutuhkan komponen lain untuk mencobanya seperti speaker dan head unit lain yang masih normal 🙂

Tambahan : Selain speaker atau head unit rusak, menurut teman yang sudah lebih berpengalaman ada beberapa kemungkinan lain yang bisa membuat suara audio menjadi sember diantaranya : ada kabel yang terkupas/menempel ke body.

Tapi sayang untuk mengeceknya kita butuh tespen yang sudah dimodif dan dihubungkan ke alat (kalau tidak salah penjepit buaya) kemudian hubungkan penjepit buaya tersebut ke kabel strum lalu cek dengan tespen satu persatu kabel ke speaker pada konektor, jika menyala katanya itu ada yang menempel ke body.

Setelah diketahui penyebab suara sember tersebut dari head unit yang rusak, mau tidak mau saya harus menabung dulu untuk membeli yang baru, belum lagi untuk vios 2007 kita harus mengganti framenya juga yang lumayan susah dicari.

Jika sobat tidak ada speaker atau head unit lain untuk mengetes, mau tidak mau harus bawa ke toko/bengkel yang biasa memasang audio mobil terdekat karena mereka pasti punya speaker dan head unit untuk pengetesan.

Advertisement

Itulah sedikit pengalaman pemula yang sedang ingin belajar memahami lebih banyak tentang mobil, maaf jika banyak kekurangan.