Mencoba Nitro Reader 5, Bisa Untuk Mengisi Form dan Convert File Ke PDF

Saya sudah agak lupa ada berapa banyak aplikasi PDF reader terpasang di laptop termasuk Nitro Reader 5, tujuan menginstall berbagai macam software pdf reader ini memang untuk membandingkan mana yang terbaik serta untuk memenuhi beberapa keperluan seperti mengunci file pdf, convert jpg ke pdf sampai mengisi formulir dalam format PDF.

Kembali ke Nitro PDF Reader, aplikasi ini merupakan salah satu software untuk membuka dokumen dalam format pdf gratis untuk Windows, selain bisa untuk membaca file pdf ternyata aplikasi ini juga mempunyai beberapa fitur menarik mirip dengan Foxit Reader.

Advertisement

Beberapa fitur yang tersedia diantaranya extract images berguna untuk mengambil gambar dari file pdf, convert to pdf berfungsi untuk mengubah berbagai jenis file menjadi pdf dan tentunya dapat digunakan juga untuk mengisi form pdf. Baca juga : cara save word ke pdf di Office 2007.

Tampilan Utama Nitro Reader 5

Mencoba Nitro Reader 5, Bisa Untuk Mengisi Form dan Convert File Ke PDF

Saat pertama kali menjalankan aplikasi ini sekilas mirip dengan Foxit Reader dengan  menu yang lebih sedikit, tetapi sama-sama memiliki tampilan yang flat.

Untuk membuka dokumen pdf menggunakan Nitro Reader ada dua cara yang bisa kita lakukan yaitu melalui menu – Open atau lewat windows explorer kemudian klik lalu seret file tersebut ke Nitro Reader. Baca juga : PDF reader untuk Android.

Mencoba Convert File Ke Format PDF Dengan Nitro Reader 5

Seperti saya sebutkan diatas, nitro reader 5 ini memiliki fitur untuk mengubah berbagai jenis file menjadi pdf dan berikut adalah caranya :

Cara Pertama :

Buka file yang akan diubah ke pdf menggunakan windows explorer, misalnya file jpg hasil scan kemudian buka nitro reader lalu drag and drop file jpg tadi ke nitro reader dan tunggu proses convert selesai.

Cara Convert File Ke Format PDF

Setelah proses konversi selesai terakhir kita tinggal simpan dengan cara pilih Save, selesai.

Cara Kedua :

Alternatif lain ketika kita ingin mengubah file menjadi pdf adalah melalui menu Print, jadi selama file tersebut bisa dicetak maka secara otomatis bisa dijadikan sebagai PDF juga dengan cara memilih printer menjadi Nitro PDF Creator, ketika tombol print dipilih nanti akan tersimpan menjadi pdf.

Print Gambar menjadi PDF

Cara kedua ini lebih baik dibandingkan cara pertama, karena kita bisa tentukan layout. Selain itu jika kita punya banyak file jpg hasil scan kemudian ingin dijadikan satu dalam format pdf maka caranya cukup select semua file JPG tersebut – klik kanan – Print dan setelah terbuka seperti gambar diatas, kamu tinggal Print dan nantinya akan tersimpan dalam satu file yang sama jadi kamu tidak perlu lagi menggabungkan file pdf secara manual.

Advertisement

Kesimpulan, Nitro Reader 5 cukup layak dipertimbangkan sebagai aplikasi pembaca pdf untuk Windows terutama dengan fitur-fitur tambahannya yang bisa membantu beberapa pekerjaan kita misalnya mengubah jpg ke pdf, mengisi form atau mengekstrak gambar di file pdf. Jika kamu ingin mendownload silahkan buka halaman resmi nitro ini.