Mencoba Tampilan Yahoo Mail Baru

Saya kurang tahu sejak kapan ada tampilan Yahoo mail baru karena setiap kali login dan muncul pop up Try the new mail saya selalu pilih Maybe Later namun hari ini saya putuskan untuk mencoba design baru dari Yahoo mail ini.

Kesan pertama setelah memilih tampilan terbaru ini adalah lebih elegan dan memudahkan kita saat mencari lampiran yang pernah kita terima baik dalam format dokumen maupun foto karena ada tambahan menu Views Photos dan Documents.

Advertisement

Selain itu pada tampilan baru Yahoo Mail ini ada tambahan fitur untuk memudahkan kita saat ingin membersihkan inbox sekaligus dengan memindahkan ke arsip atau archive melalui menu inbox – clean your inbox. Lalu apa saja perbedaan design email Yahoo baru dengan yang lama? untuk lebih jelasnya silahkan lanjutkan membaca,

Tampilan Yahoo Mail Baru – Fitur Baru dan Perbedaan Dengan Design Lama

Untuk berpindah ke design Yahoo Mail yang baru caranya cukup mudah yaitu setelah masuk ke akun email Yahoo biasanya akan muncul pop up lalu anda pilih “Try the new email

Baca juga : cara mengubah sandi Yahoo.

Namun sebelum memutuskan ingin menggunakan tampilan Yahoo mail baru atau tetap menggunakan versi classic berikut adalah beberapa fitur maupun perbedaan yang perlu anda tahu.

# 1 – Header Lebih Simpel Dan Menu Lebih Sedikit

Perbedaan pertama yang akan terlihat saat pindah ke Yahoo mail baru adalah bagian header yang lebih sederhana namun sayangnya menu setting berubah tidak lagi berfungsi untuk mengubah pengaturan akun tetapi hanya untuk mengubah tampilan layout Yahoo mail.

Salah satu efek yang terlihat adalah saat kita ingin mengkases info account atau account info untuk mengganti password Yahoo, mengubah nama atau foto profil, mengganti atau menambah email dan nomor telepon pemulihan maka langkahnya adalah dengan cara klik pada foto profil Yahoo lalu pilih menu Account Info seperti terlihat pada gambar berikut.

# 2 – Lebih Mudah Saat Mencari Dokumen atau Foto Lampiran

Mungkin ini salah satu fitur baru yang cukup bermanfaat terutama bagi anda yang sering mengirim atau menerima file lampiran lewat Yahoo mail.

Karena pada tampilan yang baru ini kita akan lebih mudah saat ingin mencari maupun mendownload lampiran melalui menu Views.

Seperti terlihat pada gambar diatas, saat ingin membuka, meneruskan maupun mendownload file lampiran di Yahoo Mail cukup melalui menu Views lalu pilih Documents atau Photos dan nanti akan muncul semua.

Tidak perlu repot lagi mencari berdasarkan alamat email pengirim seperti sebelumnya, jadi selama email yang mengandung lampiran tersebut belum dihapus maka kita akan dengan mudah menemukannya kembali.

# 3 – Lebih Mudah Membersihkan Inbox (Clean Your Inbox)

Perbedaan ketiga dibandingkan dengan tampilan lama yaitu adanya tambahan menu clean your inbox yang berfungsi untuk memindahkan banyak email masuk sekaligus ke arsip.

Fitur diatas dapat digunakan saat ingin mengosongkan inbox dengan cepat, contoh di akun saya ada lebih dari 500 email masuk dan rata-rata tidak penting jadi daripada repot menghapusnya maka saya lebih pilih untuk memindahkan semua email masuk tersebut ke arsip.

# 4 – Menu Add Other Mailbox Berubah Menjadi Mailboxes

Fitur yang berfungsi untuk menambahkan akun email selain Yahoo agar bisa dibuka dari akun Yahoo yaitu add other mailbox sekarang sudah berubah menjadi mailboxes dan untuk mengaksesnya melalui menu Settings – More Settings.

 

Itulah sedikit info mengenai fitur dan perbedaan yang ada pada tampilan Yahoo Mail baru. Menurut pendapat saya pribadi tampilan baru ini memang lebih simpel dan elegan namun bagi pengguna tentu membutuhkan sedikit waktu untuk menyesuaikan karena beberapa menu sudah berpindah tempat dibandingkan tampilan lama.

Selain itu satu fitur yang belum saya temukan adalah menu untuk auto forward atau meneruskan email Yahoo otomatis ke email lain, entah ada dimana letak menunya atau mungkin sudah dihapus? entahlah.

Advertisement

Kesimpulan: jika anda ingin merasakan tampilan email Yahoo baru maka tidak perlu ragu untuk mencobanya karena jika kurang cocok anda bisa kembali memilih ke tampilan lama dengan cara klik Switch to classic view dari menu settings yang ada dibagian kanan.