Mengganti Head Unit Vios 2007 Dengan Audio Link

Setelah head unit vios rusak sehingga suaranya sember akhirnya minggu lalu saya putuskan untuk mengganti head unit vios 2007 dengan yang murah. Awalnya ingin ganti pakai bekas avanza 2015 karena cukup simpel tetapi lumayan mumpuni, kalau tidak salah merknya kenwood.

Tetapi setelah datang ke toko audio di daerah Bogor tepatnya di taman topi, ternyata tape mobil avanza tersebut tidak bisa dipasang di vios 2007 karena bagian depannya lebih besar dibandingkan frame untuk vios.

Advertisement

Akhirnya oleh penjual saya ditawarkan HU Cina entah merk apa, tetapi harganya sekitar 1,2juta. Lalu saya tanya ada yang lebih murah ga? akhirnya dikasih liat lah headunit audiolink alk-tv6936 dengan harga 900.000.

Setelah tawar menawar plus harus membeli frame head unit vios akhirnya turun menjadi 850.000 ditambah frame 350.000 jadi totalnya 1.200.000 sudah termasuk ongkos pasang. Kenapa harus ganti dengan frame? karena head unit asli bawaan vios menyatu dengan framenya.

Pengalaman Mengganti Head Unit Vios Dengan HU Murah

Penting : jika kamu ragu-ragu sebaiknya langsung minta pasang oleh orang yang lebih ahli saja apalagi vios ini menggunakan remote stir dan seingat saya ada konektor khusus yang disambungkan ke kabel lain agar remote stir berfungsi.

Sayangnya saya tidak foto semua saat proses penggantian HU ini, tetapi jika kamu mau coba pasang sendiri sebetulnya sangat mudah.

Pertama-tama buka semua panel dengan cara congkel sedikit dengan jari dibagian kanan, atas (yang dekat spedo meter), kiri dan bawah mirip seperti saat menyetel alarm vios, kemudian setelah semua panel terlepas lalu buka baut-baut (ada 4), setelah itu tarik head unit pelan-pelan dan lepas semua kabel yang menempel.

Setelah kabel terlepas kemudian pasang head unit baru dan kencangkan dengan baut, lalu pasang frame dan terakhir pasang lagi panel-panelnya.

Berikut adalah penampakan Audiolink ALK-TV6936 setelah terpasang di VIOS 2007.

Mengganti Head Unit Vios 2007 Dengan Audio Link

Setelah HU terpasang kemudian coba hidupkan dan jangan lupa aktifkan remote stirnya, melalui menu setting/pengaturan.

HU Audio link TV-6936 ini dilengkapi dengan fitur standar seperti USB, Radio, MMC, CD/DVD, bluetooth untuk menerima telepon dan menyambungkan HP ke tape mobil sehingga bisa memutar musik dari HP.

Untuk kualitas suara boleh dibilang lumayan karena saya masih menggunakan speaker standar bawaan vios tetapi jika dibandingkan dengan kualitas suara HU aslinya memang ada sedikit perbedaan.

Beberapa menu lain yang ada pada Audio link ini adalah GPS dan TV tetapi sepertinya keduanya tidak berfungsi atau mungkin saya yang tidak tahu bagaimana cara mengaktifkannya karena saat coba menu TV tidak ada gambarnya dan tidak ada tv tuner atau antena tambahan, begitu juga dengan GPS saat dipilih ternyata hanya menampilkan layar hitam alias blank.

Itulah sedikit pengalaman dengan HU Audio link, dan untuk harga mungkin akan berbeda tergantung dimana kita membelinya, karena saat saya cek online rata-rata HU dengan tipe yang sama ini dijual dengan harga 925ribu sampai 1,2jutaan sedangkan saya membeli dengan harga 850.000.

Kesimpulan, kualitas tape mobil atau head unit Audio Link ALK-TV6936 cukup lumayan dan bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin mengganti head unit vios dengan yang murah tetapi kualitas suaranya masih lumayan bagus.

Advertisement

Tetapi jika mempunyai dana lebih memang sebaiknya pilih yang bermerk sekalian seperti pioneer, kenwood dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *