Mudahnya Cetak Kartu BPJS di Cibinong

Sudah hampir tiga bulan saya daftar bpjs online tetapi belum cetak kartu bpjs karena sudah terbayang antrian panjang yang pernah saya lihat di kantor bpjs Cibinong, tetapi karena istri sedang hamil dan berdasar saran dokter untuk berobat pakai bpjs minimal sekali agar nantinya bisa digunakan untuk operasi caesar.

Akhirnya mau tidak mau saya pun pergi ke kantor cabang bpjs kesehatan kabupaten Bogor untuk mencetak kartu BPJS karena memang waktu itu tidak bisa dicetak sendiri secara online.

Advertisement

Saya sampai kantor BPJS kabupaten Bogor sekitar pukul 7:28 kemudian langsung ikut antri untuk mendapat nomor antrian, dan setelah menunggu sekitar 2 jam ternyata kartu bpjs kesehatan untuk keluarga saya pun langsung jadi dan ternyata cara cetak kartu bpjs kesehatan pribadi itu sangat mudah dan lumayan cepat tidak seperti yang saya bayangkan.

Pengalaman Cetak Kartu BPJS di Cibinong

Pada tulisan ini saya akan berbagi pengalaman bagaimana cara cetak kartu bpjs kesehatan pribadi di kantor cabang termasuk apa saja persyaratannya semoga bisa bermanfaat bagi anda yang sudah daftar bpjs tetapi belum punya kartunya.

  1. Siapkan beberapa dokumen seperti ktp, kartu keluarga (Asli), hasil print nomor virtual account dan bukti pembayaran bpjs.
  2. Datang kesehatan kabupaten Bogor yang letaknya ada di pemda Cibinong, tepatnya ada di daerah pakansari kalau dari arah jalan raya Bogor belok kiri setelah pom bensin.
  3. Langsung ikut antrian dan saat mendapat giliran beritahu anda ingin cetak kartu bpjs dan akan ditanya bukti pembayaran, no virtual account, ktp dan kartu keluarga (asli).
  4. Setelah mendpapat no antrian silahkan tunggu nanti dipanggil untuk mengambil kartu yang sudah jadi, dan dari pengalaman saya kemarin ternyata untuk cetak kartu tidak perlu masuk ke dalam kantornya tetapi cukup tunggu didepan yang banyak orang antri karena dibagikan disitu.

Berikut ini adalah tampilan gambar kartu bpjs kesehatan terbaru yang kini tulisannya sudah berubah menjadi Kartu Indonesia Sehat.

Seperti terlihat pada gambar diatas, sudah berbeda ternyata kartu bpjs terbaru bertuliskan Kartu Indonesia Pintar kemudian ada logo burung Garuda, kode barcode dan dibagian bawahnya ada nama peserta, no bpjs, tanggal lahir dan nama faskes tingkat 1. Sedangkan dibagian depannya hanya ada gambar peta Indonesia.

Kesimpulan, untuk cetak kartu bpjs itu cukup diwakilkan oleh salah satu anggota keluarga dengan membawa ktp / e-ktp, kartu keluarga asli, no VA dan bukti pembayaran.

Advertisement

Jadi tunggu apa lagi jika anda belum sempat mencetak kartu BPJS atau yang sekarang menjadi KIS segeralah cetak dengan datang sendiri ke kantor BPJS dan prosesnya tidak serumit yang saya bayangkan walau belum punya e-ktp tidak seperti saat mengurus sim yang harus membawa e-ktp pengganti sementara segala. Baca juga cara cek tagihan BPJS.