Mudahnya Export atau Convert Word ke PDF Dengan LibreOffice

Ada banyak cara untuk mengubah atau convert dokumen MS Word (docx, doc) ke PDF salah satunya adalah dengan menggunakan LibreOffice yang bisa dilakukan dengan sangat mudah bahkan bagi pemula seperti saya sekalipun.

Versi LibreOffice yang saya gunakan adalah 5.0.2.2 yang bisa kamu download secara gratis dari situs libreoffice.org.

Advertisement

Jadi jika kamu menggunakan versi yang berbeda dan tidak menemukan menu seperti yang akan saya tunjukan dibawah ini sebaiknya update terlebih dahulu aplikasi LibreOffice di PC kamu.

Cara Export atau Convert Word ke PDF Dengan LibreOffice

  1. Jalankan aplikasi LlibreOffice
  2. Klik Open lalu cari file word baik doc maupun docx dari PC kamu
  3. Setelah terbuka, klik icon Export, lihat gambar dibawah ini.
  4. Untuk menyimpan sebagai PDF beri nama file tersebut lalu klik Save, selesai.

Seperti terlihat pada panduan diatas, langkahnya sangat mudah sekali. Kita hanya perlu membuka dokumen yang ingin diubah menjadi file PDF kemudian pilih Export dari menu yang telah disediakan. Baca juga : cara edit file PDF dengan LibreOffice.

Cara ini bisa menjadi alternatif bagi kamu yang tidak memiliki aplikasi MS Office karena seperti kita tahu LibreOffice bebas digunakan secara gratis artinya tidak perlu membeli lisensi untuk menggunakannya dan bisa berjalan diberbagai platform termasuk Windows.

Selain dengan LibreOffice, masih ada banyak cara lainnya baik online maupun menggunakan aplikasi tambahan namun bagi kamu yang masih menggunakan MS Office 2007 bisa mencoba cara ini.

Advertisement