Optimalkan Database WordPress Dengan WP Optimize

Opikini.com – Ada banyak plugin yang bisa kita gunakan untuk mengoptimalkan database WordPress dan salah satu favorit saya alaah WP Optimize, karena plugin ini bisa digunakan secara gratis serta tampilan atau antar mukanya cukup sederhana sehingga sangat mudah digunkaan.

Advertisement

Fungsi dari plugin WP Optimize adalah untuk mengoptimalkan database blog WordPress dengan menghapus beberapa item yang tidak diperlukan seperti auto draft, post revision, bahkan menghapus spam comment sekaligus.

Saat ukuran database MySQL di WordPress masih kecil memang sepertinya tidak akan terlalu terasa manfaat memangasang plugin ini tetapi jika ukuran database sudah besar apalagi pengunjung blog sudah ramai makan baru lah akan terasa manfaatnya.

Karena semakin banyak pengunjung yang datang pada waktu bersamaan maka semakin berat pula kerja web hosting dalam melakukan query ke database maka tidak heran jika loading blog pun akan terasa lambat atau malah hosting yang kita gunakan kewalahan. Baca juga : cara install WordPress dilocalhost.

Tampilan dan Cara Menggunakan Plugin WP Optimize

Seperti saya sebutkan diatas, plugin ini sangat mudah digunakan, pertama-tama kamu install terlebih dahulu dari dashboard wordpress kemudian pilih Plugins – Add New lalu cari dengan kata kunci WP Optimize kemudian aktifkan.

Setelah aktif, akan bertambah satu menu baru yaitu WP-Optimize dan untuk mengoptimalkan database wordpress dari item yang tidak diperlukan kamu cukup pilih item apa saja yang ingin dihapus kemudian pilih tombol PROCESS.

Dua item default yang selalu saya pilih adalah Clean all post revisions dan Clean all auto draft posts and posts in trash sedangkan Remove Spam Comment saya pilih jika memang sudah terlalu banyak komen spam saja. Selain dilakukan secara reguler proses optimalisasi database biasa saya lakukan saat akan melakukan backup karena setelah item yang tidak diperlukan kita hapus biasanya ukuran database akan lebih kecil.

Advertisement

Itulah salah satu cara untuk mengoptimalkan database yaitu dengan menggunakan plugin WP-Optimize, jika kamu memiliki cara lain atau plugin yang lebih baik silahkan share disini.

Latest Comments
  1. Nia Haryanto December 8, 2015